Politik Pemerintahan

Emil Dardak Lantik Joko Irianto sebagai Sekda Trenggalek

Trenggalek (beritajatim.com) – Lika-liku pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek akhirnya terjawab. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si keluar sebagai pemenang kontestasi pemilihan dari lima orang kandidat.

Joko dilantik sebagai orang nomor dua di Kota Keripik Tempe ini oleh Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, secara resmi di Pendopo Manggala Praja Nugraha, pada Sabtu (9/2/2019) malam. Tetapi pelantikan tersebut tanpa kehadiran Wakil Bupati Trenggalek Mohammad Nur Arifin.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih yang akan segera dilantik tersebut, pelantikan Joko Irianto menjadi Sekda tidak serta merta, melainkan melalui proses panjang dan seleksi terbuka yang telah dilakukan sebelumnya.

Ada lima pejabat yang mendaftar posisi jabatan ini dan satu peserta dinyatakan gugur karena tidak lolos persyaratan administrasi. Empat pejabat yang lolos kemudian mengikuti beberapa tahapan seleksi yang akhirnya ditentukan 3 terbaik oleh panitia dan diumumkan ke publik.

Ditambahkan olehnya jabatan Sekda merupakan jabatan strategis. Sepeninggal Drs. Ali Mustofa, M.Si, memasuki masa purna tugas, jabatan ini belum diisi pejabat definitif.

Kepala Dikpora Drs. Kusprigianto, MM, ditunjuk menjadi Plt Sekda untuk mengisi kekosongan jabatan ini. Seiring berjalannya waktu, Plt Sekda ini berhalangan melaksanakan tugas karena menjalankan Ibadah Haji, sehingga Bupati Trenggalek menunjuk kepala BKD, Drs. Pariyo menjadi Penjabat Sekda sampai dengan Joko Irianto dilantik menjadi Sekda.

Emil Dardak banyak mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kusprigianto, dan Pariyo yang telah all out membantunya selama menjalankan roda Pemerintahan. “Banyak prestasi dan penghargaan yang di raih Trenggalek dan itu tidak lepas dari campur tangan mereka,” ujarnya kala itu.

Dalam proses pemilihan Sekda Trenggalek ini Emil mengaku juga berkonsultasi dengan wakilnya. Tetapi, dalam acara pelantikan ini, Wabup Trenggalek M. Nur Arifin berhalangan hadir. “Sayangnya malam ini anaknya sakit, sehingga beliau harus pergi ke Surabaya,” tutup Emil. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar