Politik Pemerintahan

Emil Dardak Ajak Pemuda Milenial Berwirausaha Secara Kompetisi

Surabaya (beritajatim.com) – Besarnya minat star up saat ini membuat banyak generasi milenial untuk memperluas jaringan menjadi pengusaha muda.  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki program yang mendukung pemuda untuk berwirausaha.

Selain memberikan permodalan pada UMKM,  Menurutnya saat ini pihaknya sedang mengembangkan Milenial Job Center (MJC).

“MJC ini sangat berhubungan dengan wirausaha. Kebanyakan orang mengubur mimpinya untuk berwirausaha,  namun dengan MJC para pemuda ini bisa menjadi freelance dan punya waktu mengembangkan bisnisnya. MJC ini memberdayakan talenta-talenta yang bisa membantu bisnis kita,” ujar Emil.

Emil menambahkan peluang wirausaha saat ini sangat dibutuhkan karena kesempatan bekerja saat ini sangat kecil. Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan ini harus dibangun ekosistemnya. “Jadi ekosistem kewirausahaan milenial dibentuk dari sebuah kebutuhan para pengusaha dengan menerapkan teknologi yang berkembang. Apalagi saat ini, masih banyak para pemuda berbakat yang memiliki banyak ide kreatif tetapi masih belum memiliki pengalaman,” katanya.

Selain ada peran dari pendidikan, juga harus ada peran dari komunitas maupun pelaku usaha yang ada saat ini. Ia mengimbau, kepada siapa saja yang berkecimpung di kewirausahaan dapat bergabung di MJC.

“Pengusaha UKM atau IKM dapat menjadi client. Para pemuda yang telah mahir dan berpengalaman dapat menjadi mentor. Sedangkan pemuda yang baru lulus tapi memiliki bakat dan berkompeten atau siapa yang masih mau berlatih dapat menjadi talenta,” katanya.

Lebih lanjut Emil mengatakan industri di Jatim yang berpotensi untuk dikembangkan sangat banyak. Namun apapun industrinya menurut Emil tidak bisa lepas dari digitalisasi.

“Yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha, sebenarnya permasalahan dalam wirausaha bukan hanya terletak pada permodalan,  namun bagaimana mengembangkan sebuah produk untuk dijual dan diterima masyarakat,” katanya.

Sementara itu Chief Executive Officer (CEO) Tanrise Property Belinda Tanoko mengatakan untuk menjadi wirausaha yang sukses harus dimulai dari mimpi yang besar. Selain itu harus memiliki jiwa pekerja keras dan pantang menyerah untuk mendapatkan yang diharapkan.

“Tantangan anak muda saat ini adalah hidup pada zaman serba instan. Padahal kredibilitas ini juga dibangun dengan membutuhkan waktu,” tuturnya.[way/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar