Politik Pemerintahan

Ekonominya Membaik, 773 Penerima PKH di Ponorogo Graduasi Mandiri

Kepala Dinsos P3A Ponorogo Supriadi (foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Progres program keluarga harapan (PKH) nampaknya berjalan dengan baik di bumi reyog. Pasalnya hingga bulan ini sudah ada 773 keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang graduasi. Artinya keluar dari kepesertaan PKH. Hal itu lantaran sudah dapat mencukupi kebutuhan secara mandiri. Jumlah tersebut berpotensi meningkat hingga akhir tahun nanti.

”Karena ada laporan dari teman pendamping PKH kalau setiap hari itu ada yang graduasi. Jadi akhir tahun nanti hampir dipastikan jumlah yang graduasi meningkat,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Ponorogo Supriadi, Senin (25/11/2019).

Graduasi ini, kata Supriadi ada beberapa macam. Yakni graduasi alami yang artinya KPM masih mendapat, namun komponen-komponen dalam PKH sudah tidak ada lagi. Misalnya sudah tidak dalam keadaan hamil dan sudah tidak membiayai anak sekolah. Kemudian ada graduasi mandiri sejahtera, dimana KPM ini sudah mempunyai usaha yang stabil. Secara ekonomi bisa menghidupi keluarganya. Dan bisa menjamin masa depan anaknya.

”Jadi bisa dibilang yang graduasi ini, keadaan ekonominya cukup baik,” katanya.

Sampai bulan November ini, ada 43.887 penerima PKH. Pada hari Minggu (1/12/2019) nanti rencananya akan dilakukan final closing, untuk KPM yang akan diajukan PKH pada tahun 2020 mendatang. Saat ini masih dalam proses verifikasi dan validasi data.

”Jadi untuk 2020 nanti bisa kemungkinan bertambah maupun berkurang untuk penerima PKH,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar