Politik Pemerintahan

Eh, Ternyata Slogan Cabup Jember Mirip Slogan Pilpres Amerika Lho!

Jember (beritajatim.com) – Siapa sangka, ternyata slogan-slogan para kandidat bupati dan wakil bupati di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mirip dengan kandidat presiden dalam pemilihan di Amerika Serikat. Nuansa global, bergaya lokal.

Doktor ilmu komunikasi Universitas Jember, Muhammad Iqbal, mencontohkan slogan milik pasangan nomor urut 1, Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto. “Slogan ‘Pemimpin Perubahan, Bersama Kita Bisa’ jelas mengadopsi slogan kampanye Presiden Barack Obama dalam Pilpres AS 2008: Change We Can Believe In. Slogan ini lalu diadopsi juga dari slogan Presiden SBY-JK, ‘Bersama Kita Bisa’,” katanya, Jumat (2/10/2020).

Bagaimana dengan slogan ‘Wes Wayahe Mbenahi Jember’ milik pasangan nomor urut 2, Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman? “Bisa jadi terinspirasi dari slogan Calon Presiden Mitt Romney dalam pemilu 2012: ‘Restore Our Future’, atau milik Ron Paul dengan slogan ‘Restore America Now'” kata Iqbal.

Sementara slogan ‘Wong Jember Mbangun Jember Juara’ milik pasangan milenial nomor urut 3, Abdus Salam dan Ifan Ariadna, menurut Iqbal, kemungkinan kombinasi slogan Donald Trump dan Al Gore. Dalam Pemilu AS 2016, Trump memakai slogan ‘Make America Great Again’. Calon Presiden Al Gore dalam Pemilu 2000, memakai slogan ‘Prosperity and Progress’.

“Tradisi pemilu Indonesia pasca reformasi sudah mirip dan terjangkit Amerikanisasi industri pemilu. Sejak era pemilihan umum secara langsung, pemilu menjelma menjadi industri,” kata Iqbal.

Ia menunjuk fenomena menjamurnya konsultan pemilu, lembaga survei, polling, atau quick count, debat kandidat, institusi pemantauan atau pengawasan pemilu, serta iklan-iklan politik dengan materi dan gaya kampanye. “Hampir semuanya mengadopsi American style yang tentu dimodifikasi dengan konten kearifan lokalnya tersendiri,” kata Iqbal.

“Gaya, slogan dan materi kampanye Barrack Obama hingga sekarang Donald Trump bertanding dengan Joe Biden banyak diadopsi oleh kandidat kepala daerah dalam pilkada kita,” tambah Iqbal. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar