Politik Pemerintahan

Dylan Caleg Sudah Meninggal Masih Dapat Suara di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Rekapitulasi penghitungan suara untuk tingkat Kabupaten oleh KPU Ponorogo telah usai. Ada hal unik dari hasil rekapitulasi terebut. Pantauan beritajatim.com, almarhumah Dylan Sahara Putri, calon legislatif (Caleg) DPRD Provinisi Jawa Timur dari Partai Gerindra masih mendapatkan suara.

Perempuan yang merupakan juga Istri dari Ifan Seventeen itu, di Ponorogo mendapatkan 1.757 suara. Padahal diketahui Dylan sudah meninggal pada Desember 2018 lalu, menjadi salah satu korban bencana tsunami selat Sunda.

”Suaranya sah, karena yang bersangkutan sudah meninggal. Suara Dylan ini nantinya akan masuk ke suara partainya, yakni partai Gerindra,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo, Arwan Hamidi, Kamis (2/5/2019).

Arwan menyebut sesuai dengan surat edaran, selama tidak ada keputusan dari KPU, dalam hal ini KPU Provinsi, karena caleg yang meninggal itu mencalonkan untuk DPRD Provinsi Jatim. Yang menerangkan bahwa ada surat suara caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS). Maka KPU Ponorogo tidak menindak lanjutinya dan secara otomatis sah menjadi suara partai pengusungnya.

”Jadi tidak ada pengumuman pergantian dari KPU Provinsi, maka suaranya sah masuk partainya,” katanya.

Selain Dylan, Arwan menyebut ada caleg lain lagi yang meninggal tapi masih mendapatkan suara di bumi reyog ini.

Seperti adik dari wagub Emil Dardak, Eril Arioristanto Dardak juga mendapatkan 3857 suara di Ponorogo. Selain itu juga ada caleg untuk DPRD Ponorogo, Muttaqien Azhari yang meninggal dunia sebelum pencobosan juga mendapatkan 31 suara.

”Selain Dylan, ada adik wabup Emil dan politisi senior Ponorogo Muttaqien Azhari yang mendapat suara meskipun sudah meninggal dunia,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar