Politik Pemerintahan

Dugaan Transfer Suara Caleg di Sampang Masuk Kategori Pidana Pemilu

Sampang (beritajatim.com) – Dugaan perpindahan perolehan suara lintas partai dari Hanura ke PKS, khusus surat suara Pileg kabupaten di 14 TPS di Desa Petapan, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, tergolong sebagai tindakan pelanggaran Pemilu.

Awalnya, dugaan pelanggaran tersebut muncul dari salah satu saksi atas nama Husairi yang mengajukan form keberatan atau form DA2-KPU saat proses rekapitulasis tingkat kecamatan beberapa waktu lalu. Sedangkan isi form keberatan tersebut menyebutkan ada perubahan perolehan suara dari Hanura ke PKS sebanyak 2.500.

Sementara di form C1 yang dipegang saksi perolehan PKS di 14 TPS di Desa Petapan, Kecamatan Torjun, hasilnya adalah nol suara. “Kalau semisal terbukti ada pergeseran perolehan suara lintas partai, maka hal itu merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu oknum. Selanjutnya kami akan diskusikan dengan beberapa pihak dan mengundang Gakkumdu. Sebab merubah hasil dari form c1 adalah salah satu bentuk pidana pemilu,” jelas Yunus Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sampang, Sabtu (27/4/2019).

Sementara Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah menyampaikan, jika memang ada perubahan perolehan suara yang terindikasi dilakukan dengan kesengajaan. “Kejadian ini sudah menjadi domain Bawaslu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami berharap siapapun yang melakukan untuk diproses,” tegasnya.

Sekedar diketahui, atas pengisian form keberatan dari saksi di Desa Petapan, telah dilakukan penghitungan ulang C1 plano berhologram di seluruh TPS Desa Petapan, Kecamatan Torjun, perolehan suara didominasi oleh Hanura yaitu sebanyak 2.931. Kemudian untuk perolehan suara PKS di semua TPS yaitu nol.

Sedangkan saat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan beberapa waktu lalu, perolehan suara untuk PKS muncul angka sebanyak 2.500 untuk nomor urut satu sebagaimana berdasarkan form DA2 KPU atau form keberatan yang diusulkan salah satu saksi atas nama Husairi.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar