Politik Pemerintahan

Dugaan Pungli di Telaga Sarangan, Pemkab Bakal Cek Kebenarannya

Tangkapan layar dari media sosial.

Magetan (beritajatim.com) – Setelah viral baku hantam pedagang vs pengunjung, kawasan Wisata Telaga Sarangan kembali jadi pembicaraan netizen. Kali ini, soal dugaan pungli tiket masuk ke Telaga Sarangan.

Sebuah akun Facebook membagikan postingan pengalaman tak menyenangkan saat masuk Telaga Sarangan di grup Kabar Wonogiri kemudian disebarkan di Grup Berita Magetan, Sabtu (5/6/2021).

“Lewat jalan raya Sarangan kon mbayar tiket, lur. Padahal arep ora mlebu Telaga Sarangan, kon mbayar 19 ewu tapi dikei tiket rego 9.000,” katanya dalam postingan tersebut.

“Ngono iku jajal pejabate etok2 dadi pengunjung.. di buktikan komplain masyarakat tenan opo ora… ojo muk lunguh nek mburi mejo wae… sue2 sarangan dadi sarang monster,” tulis akun FB lain.

“Monggo pemda niko katah sing komplain mbok ditindak lanjutin,” tulis akun FB lain lagi dan masih banyak komentar netizen.

Hingga hari ini Kamis (10/9/2021) pagi, posting tersebut mendapat 522 like dan 287 komentar.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Joko Trihono mengatakan pihaknya sudah mengetahui postingan tersebut. Pihaknya berjanji akan mengecek dan mencari kebenarannya.

“Saat ini kami sudah menerjunkan tim investagasi untuk mencari fakta dugaan pungli tiket tersebut,” katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (10/6/2021).

Joko menuturkan, pihaknya akan tegas menindak dan tidak akan memberi toleransi kepada oknum dugaan pungli tiket masuk Kawasan Telaga Sarangan tersebut. “Bila petugas berstatus ASN tentu ada sanksi, bila dilakukan tenaga kontrak kami akan lakukan pemutusan kontrak, seperti sebelumnya,” tegasnya.

Lanjutnya, jalan tersebut merupakan jalan kawasan wisata, bukan jalan umum ataupun jalan provinsi. Dia menjelaskan, jika e-tiketing sudah diterapkan, kejadian seperti tak akan terjadi.

“Ke depan bila e-tiketing sudah diterapkan, saya pastikan tidak ada peristiwa serupa, saat ini alat e-tiketing masih dalam tahap persiapan pengerjaan,” tandasnya. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar