Politik Pemerintahan

Dua RPH di Magetan Belum Bersertifikat Halal

Foto ilustrasi.

Magetan (beritajatim.com) – Dua rumah potong hewan (RPH) di Magetan rupanya belum mengantongi sertifikat halal. Dari tiga RPH, baru satu yang telah memajang cap halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Baru RPH di Jalan Samudra yang sudah bersertifikat halal,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (DPP) Nur Haryani kepada beritajatim.com, Selasa (22/6/2021).

 

Pemkab memiliki dua RPH. Di Jalan Samudra dan di Pasar Plaosan. Satu RPH lainnya usaha milik perorangan. RPH di Jalan Samudra sudah dibekali peralatan untuk menghasilkan daging halal, sehingga mengantongi cap MUI “RPH Pasar Plaosan belum didaftarkan,” ucapnya.

Selain peralatan, RPH halal harus memiliki penjagal bersertifikat. Menurut Nur, jumlah penjagal bersertifikat yang minim di Magetan menjadi salah satu alasan mengapa RPH Pasar Plaosan belum didaftarkan ke MUI.

“Masih minim penjagal yang bersertifikat, ke deoan akan terus kita tambah. Dan itu menjadi salah satu alasan kenapa belum kami daftarkan ke MUI,” jelasnya.

Sambil jalan, DPP berupaya memberi perhatian lebih untuk RPH Pasar Plaosan. Selain peralatan untuk memenuhi syarat halal, RPH juga akan dibekali instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) seperti RPH di Jalan Samudra. “Pengembangan RPH Pasar Plaosan dimulai dari IPAL dulu,” tandasnya. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar