Politik Pemerintahan

Dua PCNU Sepakat Ifan Ariadna Cabup Jember dari Kalangan Santri

Kiri ke kanan: Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Ifan Ariadna, Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi, Ketua PCNU Kencong Ghulam Zainil

Jember (beritajatim.com) – Dua pengurus cabang Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yakni Pengurus Cabang NU Jember dan Kencong membuka pintu untuk kandidat bupati Ifan Ariadna. Peluang untuk Ifan untuk mencalonkan diri melalui Partai Kebangkitan Bangsa terbuka, setelah rekomendasi partai itu untuk duet Djoko Susanto dan Ayub Junaidi dicabut.

“Mas Ifan sebagai salah satu kandidat bupati Jember sekarang sedang berikhtiar mendapatkan rekomendasi dari PKB dan mendapatkan dukungan dari elemen NU. Sudah banyak langkah yang dilakukan beliau, mulai dari taaruf, pendekatan, perkenalan sampai seluruh jejaring dan organ-organ NU,” kata Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Minggu (17/5/2020).

Menurut Abdullah, Ifan sedang memantaskan diri menjadi calon yang akan diusung. “Secara normatif, posisi PKB zero. Tapi semuanya harus mencoba berikhtiar mencari jalan komunikasi dan celah yang bisa dijadikan dasar menetapkan rekomendasi. Mas Ifan ini paling intensif, tidak ada hari tanpa berkomunikasi dengan PKB, NU, dan seluruh jejaring baik badan otonom maupun majelis wakil cabang,” katanya.

Abdullah melihat respons pengurus dan kader NU Jember terhadap Ifan cukup positif. “Mereka menganggap Mas Ifan bagian dari keluarga sendiri yang tidak ada jarak dalam komunikasi dengan seluruh jajaran PCNU,” katanya. Kuatnya intensitas kegiatan Ifan mendekati PCNU menjadi dasar pertimbangan untuk mendukung rekomendasi PKB bagi pengusaha muda itu.

Sementara itu, Ketua PCNU Kencong Ghulam Zainil menilai, Ifan adalah kandidat bupati dari kalangan santri. “Sanad keilmuannya sudah jelas, yaitu alumni Pondok Pesantren Ash Shiddiqi Putra. Secara sanad keilmuan, dia sudah terhubung dengan para kiai di NU,” katanya.

Ifan sudah bertemu pengurus NU Kencong dan badan otonomi di sana. “Mas Ifan sebelum ada pandemi corona ini sudah bersilaturahim dengan beberapa kiai di Jember selatan. Kami akan bersinergi dengan PCNU Jember. Nanti akan ada rapat lanjutan para kiai di PCNU Kencong dan Jember untuk merumuskan bagaimana nanti siapa kandidat bupati yang akan diusung,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar