Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dua Legislator Nasdem Bagikan 11 Ribu Paket Sembako di Jember

Jember (beritajatim.com) – Ratusan warga, mayoritas ibu rumah tangga, antre dalam pembagian sembako yang dilakukan Dannis Barlie Halim, legislator Fraksi Nasional Demokrat DPRD Jember, dan legislator Nasdem DPR RI Charles Meikyansah, di Desa Gambiran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Rabu (27/4/2022).

Pembagian sembako ini dilakukan secara bertahap sejak 16 April 2022. “Total ada sebelas ribu sembako yang dibagikan bertahap agar tak terjadi penumpukan,” kata Dannis.

Jumlah sembako yang dibagikan saat Ramadan tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. “Kalau tahun lalu ada tujuh ribu paket. Kami ingin berbagi dengan masyarakat yang sempat terdampak pandemi agar bisa merayakan Idulfitri,” kata Dannis.

Di sela-sela pembagian sembako, Dannis menyoroti peningkatan angka kemiskinan di Kabupaten Jember selama masa pandemi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Maret 2021 tingkat kemiskinan mencapai 10,41 persen atau 257.090 orang miskin.

Angka ini bertambah 9.100 jiwa dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2020. Tingkat kemiskinan di Kabupaten Jember masih lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata angka kemiskinan di Jawa Timur yang teracatat sebesar 11,40 persen. Namun jika dibandingkan rata-rata nasional yang mencatatkan persentase kemiskinan 10,14 persen, terpaut 0,27 persen lebih tinggi.

Dannis mengatakan, kemiskinan di Jember membutuhkan penanganan bersama dan tak hanya diserahkan kepada pemerintah. “Dampak pandemi memang cukup besar. Kami berharap Baznas bisa melakukan kegiatan sosial yang tepat sasaran,” katanya.

Dannis berharap ada bantuan agar warga miskin bisa mandiri dengan usaha perekonomian produktif sehingga tak hanya mengandalkan bantuan orang lain. Kemiskinan diasumsikan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur menurut garis kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan konsep kebutuhan dasar dalam mengukur tingkat kemiskinan. Dengan begitu, definisi dari penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar