Politik Pemerintahan

Dua Hari Dibuka, Delapan Kecamatan Nihil Pendaftar Calon PPK

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020.

“Kami membuka pendaftaran untuk calon PPK sejak tanggal 18-24 Januari 2020. Hingga hari ini ada 8 kecamatan yang belum ada pendaftarnya,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, Senin (20/01/2020).

Delapan kecamatan yang nihil pendaftar adalah Kecamatan Ambunten, Pulau Talango, Kalianget, Bluto, Saronggi, Lenteng, Batuputih dan Kecamatan Nonggunong Pulau Sepudi.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. Sembilan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan.

“Sementara ini total pendaftar yang telah memasukkan berkasnya ke KPU sebanyak 105 orang. Sedangkan yang dibutuhkan nantinya sebanyak 135 orang dengan ketentuan per kecamatan lima anggota PPK,” papar Rafiqi.

Ia menjelaskan, untuk rekrutmen POK, di tiap kecamatan disyaratkan minimal pendaftar 10 orang. “Kalau pendaftarnya kurang dari 10, maka kami akan panitia memperpanjang waktu pendaftaran selama tiga hari lagi,” terangnya.

Ia menambahkan, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi calon anggota PPK diantaranya minimal berumur 17 tahun, kemudian menyertakan surat keterangan sehat jasmani dari Puskesmas dan pernyataan bebas narkoba yang ditandatangani oleh pelamar.

“Untuk berkas lamaran silahkan langsung diserahkan ke panitia di Kantor KPU Sumenep, jl. Asta Tinggi, Desa Kebunagung,” pungkasnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar