Politik Pemerintahan

Dua Bacalon Bupati- Wabup Sumenep Jalani Tes Kesehatan di RSAL Surabaya

Sumenep (beritajatim.com) – Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep selama dua hari menjalani tes kesehatan di RSAL Surabaya.

“Dua pasangan bakal calon bupati dan wabup itu menjalani tes kesehatan pada tanggal 7-8 September 2020. Tes kesehatannya meliputi jasmani dan rohani,” kata Komisioner KPU Sumenep Rahbini, Selasa (08/09/2020).

Ia menjelaskan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), pemeriksaan kesehatan bacabup-bacawabup harus di rumah sakit tipe A. Sementara di Sumenep hingga saat ini belum ada rumah sakit tipe kelas A.

“Berdasarkan kerjasama KPU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), hanya ada tiga rumah sakit yang direkomendasikan untuk pemeriksaan pasangan calon yaitu RS Dr. Soetomo, RSAL Dr. Ramelen, dan RS Syaiful Anwar Malang,” ujarnya.

Di Jawa Timur, pasangan bacabup-bacawabup di enam Kabupaten menggunakan RSUD Dr Soetomo sebagai tempat pemeriksaan kesehatan, enam Kabupaten menggunakan di RSAL Dr. Ramelan Surabaya, dan tujuh Kabupaten di RSUD Syaiful Anwar Malang.

“Untuk Sumenep, ada dua pasangan Bacabup-Bacawabup Sumenep. Pemeriksaan kesehatan kedua bakak calon itu dilakukan di RSAL Dr. Ramelan,” terangnya.

Pilkada di Sumenep diikuti oleh dua pasangan bakal calon, yakni Achmad Fauzi-Nyai Hj Dewi Khalifah yang diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Pasangan bakal calon kedua adalah Fattah Jasin-Ali Fikri yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Hanura, dan Partai Nasdem. Selain itu, juga didukung dua partai non parlemen yakni Partai Golkar dan Partai Gelora. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar