Politik Pemerintahan

Drama Muscab PKB Jember: Mulanya Itqon, Lalu Ayub Jadi Ketua

Suasana Musyawarah Partai Kebangkitan Bangsa Cabang Jember, Jawa Timur, di Hotel Luminor, Minggu (7/3021). [foto: istimewa]

Suasana Musyawarah Partai Kebangkitan Bangsa Cabang Jember, Jawa Timur, di Hotel Luminor, Minggu (7/3021). [foto: istimewa]

 

Jember (beritajatim.com) – Drama terjadi di arena Musyawarah Partai Kebangkitan Bangsa Cabang Jember, Jawa Timur, di Hotel Luminor, Minggu (7/3021). Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PKB yang semula menunjuk Itqon Syauqi menjadi ketua berubah dalam hitungan jam.

Sidang pleno musyawarah cabang ini dipimpin Wakil Bendahara DPP PKB Bambang Susanto. Berdasarkan mekanisme partai, ketua dan sekretaris tanfidz maupun syuro ditunjuk langsung oleh DPP. Semula Itqon yang saat ini juga menjabat Ketua DPRD Jember ditunjuk menjadi Ketua DPC. Ayub Junaidi yang sekretaris DPC PKB periode sebelumnya dipertahankan pada posisi semula.

Namun keputusan itu tak bertahan lama. Terjadi pertukaran posisi. Ayub ditunjuk menjadi ketua dan Itqon menjadi sekretaris. Tak jelas apa alasan perubahan tersebut. “Ada dinamika. Biasalah dinamika yang berkembang. Kita mendengar semua aspirasi yang berkembang. Ternyata memang harus dilakukan perubahan. Tapi kami sudah melakukan komunikasi dengan banyak pihak,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, perubahan keputusan ini bisa diterima peserta rapat. “Intinya ada perubahan atau tidak ada perubahan, kalau pleno menyepakati, tidak ada masalah. Yang berkepentingan, para pihak antara Cak Ayub dan Ra Itqon sudah menyepakati. Rapat juga sudah menyepakati. Saya kira tidak ada masalah,” katanya.

Bambang mengatakan tak ada tekanan apapun terkait perubahan itu. “Tugas saya sebagai pimpinan sidang ya semua saya tawarkan kepada peserta rapat. Ketika saya tawarkan, peserta rapat tidak ada yang menyampaikan penolakan ya saya nyatakan baik-baik saja, diterima dalam forum rapat,” katanya.

“Biasalah seperti dalam film kan begitu. Jadi biar penonton kaget. Kalau pertama sudah tahu endingnya alurnya bagaimana kan tidak bagus film itu. Ini salah satu pertunjukan yang ditunggu-tunggu. Jadi itu salah satu seni dalam berpolitik,” kata Ayub.

Ayub mengatakan, muscab berlangsung lancar. “Bukan hanya urusan ketua dan sekretaris, tapi paling penting bagaimana membawa kapal PKB ini menjadi seperti cita-cita pada saat pendirian PKB tahun 1998. Apalagi tema kali ini PKB menjadi partai advokasi, di mana partai harus hadir, betul-betul bekerja untuk pendampingan masuyarakat,” katanya.

“Duet saya dengan Ra Itqon akan bekerjasama. Ra Itqon ada di DPRD, bagaimana memainkan peran di DPRD secara baik. Saya akan mengomando partai untuk bersama-sama bagaimana peran konsolidasi pergerakan partai di bawah bisa berjalan baik,” kata Ayub. [wir/kun]

Susunan lengkap kepengurusan inti DPC PKB Jember 2021-2026
Ketua Tanfid: Ayub Junaidi
Sekretaris: Itqon Syauqi
Bendahara: Achmad syaikhu.

Ketua Dewan Syuro: KH Badrus Shodiq
Sekretaris: KH Sholeh Ahmad.


Apa Reaksi Anda?

Komentar