Politik Pemerintahan

DPRD Usul Pengangkatan Cak Ipin Jadi Bupati Trenggalek

Trenggalek (beritajatim.com) — DPRD Kabupaten Trenggalek rapat paripurna pengusulan Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin menjadi Bupati Trenggalek, Jumat (22/2/2019). Rapat diikuti seluruh anggota DPR serta dihadiri oleh Plt Bupati Trenggalek Cak Ipin — sebutan akrab Muhammad Nur Arifin.

Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menjelaskan, berdasarkan Undang-undang No 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota bila terjadi kekosongan kursi Bupati, maka pihak legislatif harus mengusulkan Wakil Bupati untuk menjadi Bupati maksimal dalam waktu 10 hari.

“Sebagaimana kita ketahui Bupati Trenggalek telah dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Kekosongan kursi bupati, 10 hari sejak ditetapkan pelantikan Wakil Gubernur Jatim, maka Wakil Bupati diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur menjadi Bupati Trenggalek,” kata Samsul Anam, Jumat (22/2/2019).

Hasil rapat paripurna ini adalah mengusulkan Cak Ipin menjadi Bupati Trenggalek pada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Timur. Proses selanjutnya adalah menunggu Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pengangkatan Cak Ipin.

Menurut politisi PKB ini, proses yang dilakukan oleh legislatif ini sangatlah penting. Pasalnya, selain menjaga marwah lembaga DPRD juga memperhatikan kepentingan masyarakat. Banyak persoalan di Kota Keripik Tempe ini yang harus segera ditangani oleh Bupati, salah satunya adalah pengisian jabatan kosong di beberapa OPD dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau tidak segera ditetapkan maka akan diambil alih Gubernur, terkait masalah-masalah, terutama OPD pejabat kosong, pelantikan dan pengisian jabatan bupati definitif,” serunya. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar