Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pansus Raperda Kepemudaan

DPRD Surabaya Minta Libatkan Pemuda dalam Pembangunan

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Pansus Raperda Kepemudaan Hari Santosa meminta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (Disbudporapar) dalam pembahasan perda tersebut melibatkan peran pemuda dalam pembangunan di Kota Pahlawan.

“Ya harusnya Perda (kepemudaan) nanti benar-benar melibatkan pemuda dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kota Surabaya,” kata Hari Santosa kepada beritajatim.com di Surabaya, Kamis (21/4/2022).

Politisi Nasdem ini mengatakan ketika Pemkot Surabaya membutuhkan keterlibatan pemuda dalam pembangunan. Pemkot juga berkewajiban untuk memfasilitasi organisasi kepemudaan.

“Itu agar pemuda turut serta dalam pembangunan di Kota Surabaya,” katanya.

Dia menyebut Pemkot Surabaya harus memenuhi segala aspek fasilitas untuk pemuda di seluruh bidang. Entah itu, fisik maupun mental.

“Bidang UMKM, kepeloporan pemuda, fasilitas aset pemkot dan edukasi berkaitan dengan kaum millenial terhadap perkembangan digitalisasi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Raperda Kepemudaan, Cahyo Siswo Utomo mendorong Disbudporapar segera melengkapi persyaratan agar Kota Surabaya jadi kota layak pemuda.

Kriteria kota layak pemuda, terdapat 4 aspek. Pertama ketersediaan regulasi kepemudaan, kedua ketersediaan anggaran kepemudaan, ketiga implementasi program kepemudaan dan yang keempat pelembagaan partisipasi pemuda.

“Dalam rapat pansus Kepemudaan, saya telah sampaikan. Apa saja persyaratannya dipenuhi dan Raperda yang kita bahas saat ini agar tercapai Surabaya jadi kota layak pemuda,” kata Cahyo.

Oleh karena itu, Politisi PKS ini berharap Raperda Kepemudaan dapat menyelesaikan permasalahan sosial kepemudaan, termasuk pengangguran terbuka turun khususnya dikalangan pemuda. Sehingga dapat mengurai permasalahan sosial.

“Misalnya karena pengangguran, maka tingkat kriminalitas naik. Ketika mereka punya pekerjaan seharusnya bisa menekan tingkat kriminal juga,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya ini. [asg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar