Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Benahi Permasalahan Pasar

DPRD Surabaya Desak Pemkot Segera Tuntaskan Seleksi Dirut PD Pasar Surya

Anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun. (Foto/Ade Mas Satrio)

Surabaya (beritajatim.com) – Anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun mendesak pemkot untuk segera menyelesaikan seleksi Direktur Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS). Dia menyebut ada beberapa titik pasar yang merupakan ikon kota Surabaya yang mendesak untuk dibenahi.

“Sehingga nanti kalau Direktur PDPS sudah definitif, segera problem-problem itu diselesaikan,” katanya saat dihubungi, Sabtu (8/1/2022).

John menjelaskan pasar di Surabaya belum maksimal dan diperlukan penanganan pasar-pasar diseluruh kota Pahlawan. Dia menyebut permasalahan pasar yang ada di Surabaya, dengan contoh Pasar Keputran.

Menurutnya penataan stan pedagang tidak di tata dengan maksimal. “Itu, di sekitaran Pasar Keputran yang di pinggir jalan, juga belum ditertibkan sampai sekarang. Penertiban hanya sekali-sekali saja dan itu tidak dilakukan secara berkala,” bebernya.

Kemudian, John menyebut di Pasar Kapasan terdapat stan penjualan ayam, serta daging yang penempatannya tidak tepat. Hingga menyebabkan sirkulasi udara didalam pasar, tidak lancar.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Surabaya ini, menuntut agar fungsi pasar segera dikembalikan sebagaimana semestinya. Lalu, penempatan stan pedagang juga dialokasikan dengan tepat, untuk menentukan saluran air bersih.

“Di berbagai pasar tidak ada air untuk membersihkan, yang ada hanya saluran pembuangan. Sehingga, tempat itu jadi jorok, dari sinilah sebetulnya pembenahan,” jelasnya.

Tak hanya itu, banyak contoh pasar yang sebenarnya menjadi ikon tapi belum berfungsi secara maksimal, yakni Pasar Tunjungan, Pasar Turi juga belum difungsikan, dan Pasar Kutisari bangunannya mangkrak, tidak dipakai, serta Pasar di Wiyung, juga tidak maksimal penataan stannya.

Dia sekali lagi mendesak pemkot untuk segera menyelesaikan seleksi Direktur PDPS secepatnya. Karena diperlukan direktur yang definitif dan memiliki kesigapan dalam menyelesaikan problematika pasar di Surabaya.

“Memerlukan definitif dan kesigapan. Sehingga PD Pasar menghasilkan suatu kinerja yang bagus, bukan hanya kedinasan dan fungsi pasar harus jalan, butuh keseriusan penanganan pasar di seluruh surabaya,” tegas John. [asg/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar