Politik Pemerintahan

DPRD Sampang Soroti Proyek Pokmas

Anggota komisi III DPRD Sampang, Abdus Salam

Sampang (beritajatim.com) – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, berjanji akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke seluruh pengerjaan proyek yang bersumber dari dana hibah Provinsi Jawa Timur atau yang dikenal dengan istilah proyek Kelompok Masyarakat (Pokmas) Tahun Anggaran 2020.

“Sidak ini akan kita lakukan di seluruh desa yang mendapat alokasi proyek dana hibah atau Pokmas,” terang Abdus Salam, anggota Komisi III DPRD Sampang, Selasa (28/7/2020).

Lebih lanjut politis Partai Demokrat ini menjelaskan, alasan sidak tersebut yakni berdasarkan hasil studi banding dengan PU Bina Marga Provinsi Jatim, bahwa selama ini pengawasan terhadap proyek Pokmas sangat minim. Bahkan, untuk Kabupaten Sampang hanya diawasi oleh Unit pewakilan PU Bina Marga.

“Selama ini kita sebenarnya kesulitan membedakan proyek Pokmas dan proyek Dana Desa. Sebab untuk proyek Pokmas di lapangan jarang sekali kita temui dilengkapi dengan papan nama saat pengerjaan berlangsung. Sehingga, kondisi ini sangat rawan tumpang tindih dengan program lain,” imbuhnya.

Ketua Badan Kehormatan (BK) itu juga mengatakan, untuk melakukan sidak pihaknya berencana menggandeng Asosiasi Kepala Desa (AKD) agar data dan titik lokasi proyek bersumber dari dana hibah bisa diketahui serta bermanfaat bagi warga setempat.

“Ketika berbicara hibah, tentunya hasil proyek tersebut merupakan milik desa, yang disertai dengan pemasangan prasasti dan dilengkapi dengan berita acara penyerahan kepada desa. Oleh sebab itu, sidak yang kami rencanakan tidak hanya mengawasi hasil proyeknya saja tetapi juga kelengkapan dokumen serah terimanya,” tandasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar