Politik Pemerintahan

DPRD Sampang Ingatkan Bupati Slamet Junaidi Tentang Mutasi dan Promosi ASN

Sampang (beritajatim.com) – Menjelang mutasi dan promosi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat meminta kepada Bupati H Slamet Junaidi untuk memperhatikan rekam jejak kinerja dari setiap peserta seleksi atau ASN.

Aulia Rahman, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang, mengatakan bahwa dasar pelaksanaan mutasi tersebut harus berpedoman kepada ketentuan Pasal 197 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Mutasi.

“Sudah jelas dalam menyusun perencanaan mutasi Pegawai Negeri Sipil dengan memperhatikan berbagai aspek, salah satunya kompetensi, pola karier, pemetaan pegawai, kelompok rencana suksesi, perpindahan dan pengembangan karier,” jelasnya, Minggu (21/7/2019).

Politisi partai Demokrat itu juga berharap dasar mutasi pejabat oleh kepala daerah semestinya lebih pada pertimbangan objektif menyangkut kinerja pejabat yang bersangkutan. Bukan karena like and dislike karena ekses dukung mendukung di pilkada kemarin.

“Terutama tentang penilaian prestasi kerja/kinerja dan perilaku kerja, kebutuhan organisasi dan sifat pekerjaan teknis atau kebijakan tergantung pada klasifikasi jabatan,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi memastikan bahwa dalam proses mutasi dilakukan atas dasar kesesuaian antara kompetensi PNS dengan persyaratan jabatan, klasifikasi jabatan dan pola karier, dengan memperhatikan kebutuhan organisasi, dan dengan memperhatikan prinsip larangan konflik kepentingan. “Evaluasi kinerja para pimpinan OPD jelas sudah dilakukan, dengan tujuan agar kinerja dalam semua lini birokrasi berjalan maksimal untuk kepentingan dan kebutuhan rakyat,” tandasnya.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar