Politik Pemerintahan

DPRD: Pemandian Songgoriti Tetap Milik Pemkab Malang

Malang (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang berharap, pengelolaan pemandian air panas alam Songgoriti, tetap dipertahankan.

Permintaan legislatif tersebut muncul setelah adanya wacana Pemerintah Kota Batu untuk mengambil alih pengelolaan salah satu aset yang kini masih milik Pemerintah Kabupaten Malang itu.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto menegaskan, meskipun secara administratif pemandian air panas Songgoriti masuk wilayah Kota Batu, namun tetap saja secara pengelolaan hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk mengambil alih pengelolaan.

“Kami tetap pertahanin lah, orang ada cagar budaya-nya. Meskipun teori hukum masuk disana, namun ketika serah terima aset Pemkab Malang ke Pemerintah Kota Batu, sebagian (Songgoriti) tercatat masuk ke Pemkab Malang,” terang Didik, Selasa (25/2/2020).

Didik tidak sepakat jika Pemerintah Kota Batu secara tiba-tiba, ingin mengambil alih pengelolaan pemandian air panas itu. Didik menilai, selama ini pemandian tersebut sudah dikelola dengan baik.

“Kan dulu Songgoriti belum jelas asetnya. Masak sudah dikerjakan dengan jelas oleh Pemkab Malang, sekarang mau diambil alih atau bahasa saya, dimohon oleh Pemkot Batu,” tegasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini lalu menyampaikan, Pemerintah Kota Batu tidak perlu mengambil alih sepenuhnya pengelolaan pemandian air panas Songgoriti, namun arahnya lebih ke kerjasama antara pemerintah daerah.

“Ya kalau mau bekerjasama ayo kita kerjakan bersama. Kalau seperti ini kan kayak asal serobot. Kami kan ibarat ibu yang melahirkan anaknya, masak sudah dilahirkan minta yang lain-lain,” pungkas Didik. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar