Politik Pemerintahan

DPRD Pamekasan Segera Pastikan Serapan APBD 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, berencana untuk segera melakukan rapat koordinasi bersama jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, guna memastikan serapan APBD Tahun Anggaran 2019.

Sebab hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui secara pasti seputar serapan anggaran tahun ini. Sekalipun pihaknya sempat menanyakan kesiapan setiap OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan, untuk membahas seputar realisasi anggaran, beberapa waktu lalu.

“Dlam waktu dekat kami akan menggelar rapat bersama semua ketua komisi yang sudah memanggil dinas-dinas terkait (sesuai mitra kerja komisi). Sekaligus mengecek progres kerja setiap OPD sesuai dengan mitra kerja masing-masing,” kata Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, Senin (2/12/2019).

Namun demikian, pihaknya sempat melakukan kroscek ke sejumlah OPD seputar realisasi berbagai program sekaligus serapan anggaran. “Sebelumnya kami sudah tanyakan ke sejumlah OPD tentang serapan anggaran, mereka menjawab siap dan sekarang tinggal kami kroscek ke OPD terkait,” ungkapnya.

“Namun yang pasti soal itu, nanti biar komisi-komisi yang memanggil dinas terkait. Selanjutnya kita akan gelar rapat bersama seluruh jajaran pimpinan maupun anggota DPRD Pamekasan seputar pembahasan serapan anggaran tahun 2019,” jelasnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Harun Suyitno menyampaikan realisasi APBD Pamekasan Tahun 2019 terbilang cukup rendah. Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2019, serapan anggaran di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam hanya sekitar 60 persen dari total anggaran sebesar Rp 2,1 triliun.

“Semestinya pada Oktober 2019 lalu, serapan anggaran sudah mencapai angka 80 persen, sebab jika tidak digenjot justru bisa dipastikan realisasi anggaran tahun ini akan rendah dan tentunya akan berdampak negatif terhadap masyarakat. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian serius dari pemerintah,” tegasnya.

Dari itu, pihamya berencana untuk melakukan evaluasi secara rutin dan berkala pada setiap OPD dalam merealisasikan berbagai program, demi memaksimalkan serapan APBD mendatang. “Kedepan kami akan evaluasi setiap tiga bulan supaya serapan anggaran menjadi perhatian khusus dan tidak terjadi pada tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar