Politik Pemerintahan

Banyak Proyek Fisik Molor

DPRD Pamekasan Segera Panggil OPD

Pamekasan (beritajatim.com) – DPRD Pamekasan berencana segera memanggil instansi terkait di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, guna memastikan molornya pengerjaan proyek fisik tahun 2018.

Sebab saat ini terdapat sejumlah proyek fisik masih dalam proses pengerjaan, sekalipum semestinya proyek tersebut harus selesai tepat waktu. Sehingga bisa segera dinikmati oleh masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita akan segera memanggil instansi terkait untuk membahas seputar molornya pengerjaan proyek fisik pada 2018,” kata Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Hosnan Achmadi, Jum’at (4/1/2018).

Selain itu pihaknya menilai rencana tersebut sebagai rangkaian kegiatan wajib yang dilakukan setiap tahun. “Memang selama ini kita rutin setiap tutup tahun melakukan evaluasi, sejauh mana pencapaian yang sudah dilakukan,” ungkapnya.

“Evaluasi tersebut nantinya membahas kinerja program yang ada selama 2018, sekaligus mendorong perbaikan realisasi program di 2019. Baik menyangkut besaran anggaran yang dipakai atau output realisasi anggaran itu sendiri,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, evaluasi tersebut nantinya juga bakal membahas seberapa besar kualitas dari program yang sudah dilakukan. “Jadi bukan hanya persoalan terealisasi atau tidak, tapi juga berkualitas atau tidak. Jngan sampai dua tahun sudah rusak, karena itu namanya menghambur-hamburkan uang rakyat,” jelasnya.

Hanya saja yang menjadi perhatian serius dalam program kali ini karena banyaknya pengerjaan proyek fisik yang molor, apalagi mepetnya waktu pengerjaan dijadikan alasan yang tidak masuk akal. “Alasan tidak cukup waktu menyelesaikan pengerjaan proyek itu alasan klasik, hemat kami dibutuhkan komitmen dan kesadaran dari instansi terkait,” bebernya.

“Jadi kalau misalnya ada OPD bilang tidak cukup waktu, jawaban seperti itu kan tidak profesional. Mereka minta program cukup banyak, anggaran cukup besar, terus nomenklaturnya bervariasi. Tapi setelah diberi, jawaban yang muncul tidak cukup waktu, ini alasan yang amat sangat tidak profesional,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar