Politik Pemerintahan

DPRD Kaget Pemkab Jember Tak Usulkan Kuota CPNS 2019

Jember (beritajatim.com) – Komisi A DPRD Jember, Jawa Timur, terkejut setelah mengetahui tidak adanya usulan permohonan kuota formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari pemerintah kabupaten setempat. Inilah yang membuat Pemkab Jember menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang tidak melaksanakan seleksi CPNS daerah tahun ini.

Informasi ini diperoleh Komisi A, saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional Jawa Timur di Surabaya, Kamis (31/10/2019). Mereka ditemui sejumlah pejabat di sana.

“Penjelasannya mengapa Jember tidak memperoleh kuota CPNS 2019 karena tidak ada usulan dari Pemkab,” kata Ketua Komisi A Tabroni.

Usulan tersebut seharusnya dibuat setahun sebelumnya. “Seharusnya 2018 ada usulan ke BKN pusat tersebut,” kata Tabroni.

“Mungkin ada problem SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja). Tapi pihak regional sini (BKN Jatim) sudah memberikan solusi agar pakai SOTK lama saja. Tapi tak ada respons dari Pemerintah Kabupaten (Jember),” kata Tabroni.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Mirfano mrngatakan, Pemkab Jember sudah mengusulkan kuota sebesar 764 CPNS. “Rinciannya di antaranya 388 orang tenaga pendidikan, 140 orang tenaga kesehatan, dan tujuh orang tenaga penyuluh,” kata Mirfano, Selasa (29/10/2019).

Kuota 764 CPNS sudah disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk menggantikan PNS yang sudah pensiun. Tenaga fungsional pendidikan dan kesehatan jadi prioritas sesuai perintah pemerintah pusat.

Tabroni mempertanyakan kapan usulan Pemkab Jember dikirimkan. “BKN menyatakan memang tidak ada usulan dari Pemkab Jember dan usulan itu kan memang 2018. Aturannya kan pada Maret 2018, usulan sudah harus masuk ke BKN pusat,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar