Politik Pemerintahan

DPRD Jember: Tak Ada yang Bisa Pastikan Rekrutmen CPNS Daerah 2020

Ketua Komisi A Tabroni

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember mengalami kerugian karena tak mendapat jatah rekrutmen formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah tahun ini. Tahun depan belum tentu pemerintah pusat membuka rekrutmen lagi.

Berdasarkan hasil kunjungan ke Badan Kepegawaian Nasional Jawa Timur di Surabaya, Komisi A DPRD Jember mendapat informasi mengejutkan bahwa pemerintah daerah tak mengusulkan formasi CPNS. “Seharusnya Maret 2018, usulan formasi CPNS daerah itu masuk ke BKN,” kata Ketua Komisi A Tabroni.

Dengan tidak adanya rekrutmen CPNS daerah ada sejumlah implikasi di Jember. “Setiap tahun kan ada PNS yang pensiun, maka harus ada yang menggantikan. Pada saat itu tidak dilakukan, otomatis beban kerja yang ditanggung PNS akan semakin berat. Otomatis pelayanan terhadap masyarakat tidak maksimal,” kata Tabroni.

Masyarakat Jember tidak perlu terlalu berharap bakal ada perekrutan CPNS daerah tahun depan. Tabroni mengatakan, tahun depan belum ada kepastian apakah perekrutan CPNS daerah akan dibuka lagi. “Siapa yang bisa memastikan bahwa akan ada rekrutmen CPNS di tingkat nasional atau Jember dapat kupta? Tidak ada yang bisa memastikan itu,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Mirfano membenarkan jika masalah kuota perekrutan CPNS daerah menjadi kewenangan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “BKN yang memproses pengadaannya,” katanya, Jumat (1/11/2019).

Mirfano mengatakan, setiap tahun Pemkab Jember mengisi e-formasi. Namun untuk tahun ini terjadi kesulitan. “Proses usulan 764 CPNS sudah kami lakukan sejak Maret 2019 sesuai aturan. Kita kesulitan masuk ke sistem e-formasi. Tak hanya Jember, ada 70 kabupaten dan kota yang kesulitan. Akhirnya pada 13 Agustus 2019 kami diundang ke Jakarta oleh Kementerian PAN-RB,” katanya.

“Akhirnya disepakati bagi yang kesulitan masuk ke sistem, diperbolehkan mengusulkan secara manual pada 20 Agustus. Akhirnya 764 CPNS daerah kami usulkan secara manual,” kata Mirfano. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar