Politik Pemerintahan

DPRD Jember Segera Surati Bupati Soal GTRA

Aksi mahasiswa menuntut pembentukan GTRA beberapa waktu lalu

Jember (beritajatim.com) – Pimpinan DPRD Jember, Jawa Timur, segera melayangkan surat kepada Bupati Faida soal pembentukan gugus tugas reforma agraria. Isi surat itu adalah permintaan agar Bupati segera membentuk GTRA.

“Yang mengeluarkan surat keputusan pembentukan GTRA adalah bupati. Ini berdasarkan tuntutan masyarakat. Kelompok-kelompok masyarakat yang sekarang sedang berhadapan dengan PTP, Perhutani, perusahaan swasta besar, dalam kasus sengketa tanah,” kata Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni, Kamis (24/10/2019).

Menurut Tabroni, berdasarkan rapat dengar pendapat dengan sejumlah pemangku kepentingan pertanahan, sejumlah pihak sudah siap. BPN (Badan Pertanahan Nasional) sudah tiga kali berkirim surat resmi kepada Pemerintah Kabupaten Jember, tapi belum ada respons.

Pembentukan GTRA mendesak dilakukan. Menurut Tabroni, kelompok-kelompok masyarakat yang berkepentingan dengan GTRA akan melakukan aksi untuk mendesak pembentukan gugus tugas itu. “Tapi kami tidak tahu seperti apa nanti beberapa minggu ke depan ini. Kami berharap (pembentukan GTRA) segera dilakukan bupati, tanpa aksi berlebihan dari beberapa kelompok masyarakat,” katanya.

Surat DPRD Jember baru akan dilayangkan setelah ada rapat dengar pendapat dengan kelompok-kelompok masyarakat Senin pekan depan. “Biar lebih lengkap aspirasinya,” kata Tabroni. (wir/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar