Politik Pemerintahan

DPRD Jember Segera Bentuk Pansus Pilkada

Jember (beritajatim.com) – DPRD Jember, Jawa Timur, segera membentuk panitia khusus pemilihan kepala daerah. Namun mereka masih akan menyelesaikan lebih dulu kepanitiaan hak angket.

“Kami tuntaskan panitia angket dulu. Kurang lebih dua minggu ini panitai angket akan menyelesaikan tugasnya. Jadi biar terfokus,” kata Ketua Komisi A dan Ketua Panitia Angket Tabroni, Kamis (5/3/2020).

Menurut Tabroni, pansus akan mengawasi pelaksanaan pilkada, sebelum, Hari-H, dan pasca pemungutan suara beserta hasilnya. “Semua harus berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat menjadi penting dalam hasil akhir pelaksanaan pilkada ini,” kata alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini.

Tahapan yang perlu dipantau saat ini adalah verifikasi persyaratan faktual calon perseorangan. “Ada laporan yang masuk ke DPRD, warga diminta KTP-nya, tetapi tidak tahu maksud dan tujuan permintaan tersebut,” kata Tabroni.

Tabroni ingin semua pemangku kepentingan mulai dari KPU, Bawaslu, Pemkab Jember, media massa, lembaga swadaya masyarakat, dan elemen lainnya duduk satu meja. “Ini untuk membahas semua permasalahan yg sedang dan akan terjadi di depan,” katanya.

Pansus Pilkada untuk mengomunikasikan dan mengoordinasikan semua tahapan dalam pilkada. “Termasuk misalnya menjaga netralitas semua aparatur sipil negara dan potensi pelanggaran yang akan dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat yang dilarang undang-undang. Kita berharap agar pelaksanaan pilkada ini dapat berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan dan hasil akhirnya sesuai dengan harapan masyarakat Jember,” kata Tabroni. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar