Politik Pemerintahan

Dialog Publik PWI dan Universitas Jember

DPRD Jember Sarankan Bupati Pilih Kepala Dinas PTSP yang Bernyali

Itqon Syauqi, Ketua DPRD Jember, Jawa Timur [FOTO: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Itqon Syauqi, Ketua DPRD Jember, Jawa Timur, menyarankan kepada Bupati Hendy Siswanto agar memilih Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sesuai dengan visi akselerasi pembangunan.

Hal ini dikemukakan Itqon, dalam acara dialog publik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Universitas Jember, di DPRD Jember, Kamis (4/3/2021). “Empat lima bulan lalu, rombongan Ombudsman RI datang ke Gedung Dewan, keras sekali kritikannya,” katanya.

Ombudsman menegaskan adanya peraturan presiden tentang pendelegasian wewenang kepada Dinas PTSP untuk pengurusan perizinan. Pendelegasian ini belum dilaksanakan di Jember. “Jadi mohon ketika memilih Kepala Dinas PTSP harus yang sevisi dan punya nyali akselerasi. Saya kira hanya dengan cara ini, Jember bisa take-off. Jember bisa mengejar ketertinggalan, terutama dari kabupaten-kabupaten sebelah,” kata Itqon.

Itqon juga meminta kepada Bupati Hendy agar kepala organisasi perangkat daerah diberi kewenangan untuk berimprovisasi dan melaksanakan ide-ide kreatif. Dia melihat hal itu tidak terjadi selama masa pemerintahan Bupati Faida. “Akhirnya diam di tempat. Jadi ke depan mohon kewenangan sekretaris daerah, kepala dinas, dinormalisasi kembali sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” katanya.

Jika ada undangan rapat kerja dari DPRD Jember, Itqon meminta agar para kepala OPD hadir. “DPRD adalah mitra bupati dalam bekerja. Karena itu saya sangat berharap kepada bupati Jember, agar selama kita mengawal pemerintahan daerah, mohon kerjasamanya,” kata Itqon. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar