Politik Pemerintahan

DPRD Jember Minta Wartawan Ikuti Uji Kompetensi

Wakil Ketua DPRD Jember dari Partai Gerindra Ahmad Halim

Jember (beritajatim.com) – Pimpinan DPRD Jember, Jawa Timur, menilai pers selama ini berhasil memainkan peran dan fungsi kontrol besar dalam dinamika politik daerah. Namun perlu ada perbaikan, terutama terhadap wartawan media massa yang belum mengikuti uji kompetensi.

“Kemampuan jurnalistik tentu harus terus diasah dan ditingkatkan. Banyaknya media online yang muncul tidak bisa kita tolak. Tapi perlu juga diadakan perbaikan,” kata Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Jumat (12/2/2021).

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi sependapat selama media massa tak hanya menyampaikan informasi kepada masyarakat. “Pers di Jember sudah bertransformasi menjadi alat kontrol terhadap kebijakan publik, baik kebijakan dari eksekutif, legislatif, maupun yudikatif,” katanya.

Selain itu, lanjut Itqon, pers di Jember telah menjadi media aspirasi masyarakat kepada pemerintah. “Seiring perkembangan teknologi informasi, banyak suara rakyat Jember yang disampaikan melalui pers yang kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar