Politik Pemerintahan

DPRD Jember Masukkan Berkas Pemakzulan Bupati ke MA 13 November

Jember (beritajatim.com) – DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah memasukkan berkas pemakzulan Bupat Faida ke Mahkamah Agung, pada 13 November 2020. Putusan MA paling lambat bisa diketahui sebulan setelahnya.

“Nomor registernya keluar pada 15 November. Kami menyerahkan tiga draf (berkas) dan ketiga-tiganya distempel setiap lembar sesuai aslinya menurut standar Mahkamah Agung,” kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Rabu (25/11/2020).

Satu berkas akan dikirim ke Bupati Faida. MA menunggu jawaban Faida untuk kemudian diambil putusan, selambatnya maksimal pada 15 Desember 2020. “Tapi barusan saya kontak-kontak lagi, ada kemungkinan putusan akan dibacakan pada awal bulan Desember. Kemungkinannya Bupati Faida sudah memberikan jawaban. Kedua, mungkin hakim MA sudah merasa cukup bukti,” kata Itqon.

Wartawan mencoba meminta konfirmasi kepada Faida via pesan WhatsApp untuk mengetahui apakah sudah menerima berkas tersebut. Namun, tidak ada jawaban.

DPRD Jember menggelar sidang paripurna hak menyatakan pendapat (HMP) untuk memakzulkan Bupati Faida pada 22 Juli 2020. Menurut Itqon saat itu, pemakzulan merupakan tindak lanjut pelaksanaan hak interpelasi dan hak angket. Rekomendasi Dewan dalam dua hak tersebut diabaikan oleh Bupati Faida.

“DPRD menganggap bupati telah melanggar sumpah jabatan, melanggar peraturan perundang-undangan, sehingga DPRD bersikap dalam hak menyatakan pendapat kompak bahwa bupati dimakzulkan,” katanya, Rabu (22/7/2020). [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar