Politik Pemerintahan

DPRD Jember: Kami Butuh Advokat Ahli Tata Negara

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi

Jember (beritajatim.com) – DPRD Jember, Jawa Timur, akan menggandeng sejumlah advokat untuk bergabung dalam tim yang menyusun berkas permohonan pemakzulan Bupati Faida yang akan dikirimkan ke Mahkamah Agung.

“Ada beberapa nama yang insya Allah akan kami ajak. Beberapa advokat (yang bergabung dalam Tim Advokat Bersahabat) akan tetap diajak juga. Tapi kami kan juga butuh ahli tata negara juga,” kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Sabtu (1/8/2020).

Itqon mengatakan berkas akan dikirimkan ke Mahkamah Agung dalam waktu dekat. “Konsekuensi logis dari hak menyatakan pendapat (HMP) adalah menyampaikan usulan pemakzulan ke Mahkamah Agung, dan itu tidak bisa kami hindari. Ini masih on going process,” katanya. DPRD Jember juga menyurati Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri untuk melengkapi berkas administratif.

Selain menyiapkan berkas, pimpinan DPRD Jember juga menemui sejumlah pengurus organisasi kemasyarakatan untuk menyosialisasikan rekomendasi pemakzulan Bupati Faida. Ormas pertama yang ditemui adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember, Kamis (30/7/2020) kemarin. “Kami melihat bahwa penting untuk sowan dan melaporkan semuanya kepada PCNU yang kami anggap orang tua kami di Jember,” kata Itqon.

“Mungkin dalam beberapa hari ke depan kami akan sowan ke Pengurus Daerah Muhammadiyah juga, melaporkan dinamika politik yang terjadi selama ini. Karena terus terang saja, sedikit banyak ini akan berefek kepada pelayanan publik di Kabupaten Jember yang notabene representasi masyarakat NU dan Muhammadiyah,” tambah Itqon.

DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, resmi memakzulkan Bupati Faida dari jabatannya, dalam sidang paripurna hak menyatakan pendapat, Rabu (22/7/2020). Faida dianggap melanggar sejumlah ketentuan perundang-undangan dan sumpah janji jabatan. Hasil keputusan sidang paripurna ini akan dikaji oleh pimpinan DPRD Jember sebelum dikirimkan ke Mahkamah Agung untuk dimintakan putusan. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar