Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

DPRD Jember Desak Perumdam Tirta Pandalungan Diaudit Menyeluruh

Try Sandi Apriana

Jember (beritajatim.com) – Suara agar dilakukan audit menyeluruh terhadap Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan bergema dari gedung DPRD Jember, Jawa Timur. Fraksi Pandekar melalui juru bicara Try Sandi Apriana menyerukan hal tersebut.

Sandi mengingatkan, bahwa pada periode bupati sebelumnya telah dilakukan penyertaan modal yang cukup besar dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dengan sistem tahun jamak kepada Perumdam Tirta Pandalungan Jember.

“Alokasi anggaran Rp 25 miliar ini kemudian pada 2021 dibatalkan dan dialihkan untuk kepentingan yang lain. Kami mendesak untuk dilakukanya audit menyeluruh atas Perumda Air Minum Tirta Pandalungan Jember,” kata Sandi, dalam sidang paripurna pembahasan lima rancangan peraturan daerah di gedung DPRD Jember, Jumat (1/10/2021).

Hamim, juru bicara Fraksi Partai Nasional Demokrat juga mendesak, agar pemerintah benar-benar berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik yang profesional dan bersih. “Ditandai dengan adanya transparansi, efektifitas dan efisiensi serta akuntabilitas guna mewujudkan cita-cita Jember yang semakin maju ke depan,” katanya.

Menjawab itu, Bupati Hendy Siswanto menjelaskan, audit terhadap laporan keuangan untuk tahun buku 2020 telah dilaksanakan oleh auditor eksternal pada 2021, antara lain oleh KAP (Kantor Akuntan Publik), lalu dilanjut BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), dan dilanjutkan Inspektorat. “Kesemuanya atas perintah dan instruksi Bupati Jember. Hasil audit KAP dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian,” katanya, Sabtu (2/10/2021).

“Namun hasil audit BPKP menghasilkan penurunan pencapaian nilai kinerja, baik penghitungan berdasarkan aturan BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum) maupun berdasarkan Permendagri Nomor 47 tahun 1999. Sedangkan audit oleh Inspektorat telah menghasilkan beberapa Temuan,” kata Hendy. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar