Politik Pemerintahan

DPRD Jatim Upayakan Plengsengan Jebol di Malang Segera Diperbaiki

Malang (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur berjanji untuk mengupayakan perbaikan jebolnya pelengsengan Kali Molek di perbatasan Desa Talangagung Kecamatan Kepanjen dan Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang.

Plengsengan sungai sebagai irigasi pengairan ribuan hektar sawah petani, jebol sejak 9 Mei 2020 lalu. Namun, upaya perbaikan tak kunjung dilakukan. Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak langsung menggelar inspeksi tersebut. Sahat datang bersama Komisi D DRPD Jatim dan anggota DPRD Kabupaten Malang.

Usai melakukan inspeksi, Sahat menyampaikan bahwa sebenarnya cukup mudah untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Saya pikir teman-teman di DPRD Provinsi Jawa Timur sangat responsif. Kita tadi baru mendapat informasi bahwa butuh pernyataan bahwa ini dari pak Bupati, ini bagian dari bencana. Saya pikir itu bukan hal sulit. Hari ini juga kita komunikasikan dengan pak Bupati bisa,” tegas Sahat, Rabu (29/7/2020) siang usai melihat langsung kondisi plengsengan yang jebol.

Sahat mengaku, anggaran untuk perbaikan plengsengan tersebut sebenarnya sudah siap. “Terkait perbaikan itu dibawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tadi dari BBWSB (Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, red) sudah menyampaikan pada prinsipnya dana itu siap. Lelang siap. Mereka hanya membutuhkan administratif itu. Karena itu berkaitan dengan pertanggungjawaban,” jelas Sahat.

Sahat melanjutkan, pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa agar berkoordinasi dengan Menteri terkait. “Kita akan segera komunikasikan nanti melalui ibu Gubernur untuk disampaikan pak Menteri. Kita berharap ya tidak terlalu lama, karena tadi penjelasan dari petani bahwa mereka sudah melakukan upaya supaya bisa di alirkan tapi kemampuannya tidak cukup untuk mengaliri sawah yang luasnya ribuan hektar,” Sahat mengakhiri. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar