Politik Pemerintahan

DPRD: Hibah Bansos APBD Jember 2019 Belum Disalurkan

Anggota DPRD Jember saat melakukan sidak.

Jember (beritajatim.com) – Sejumlah hibah bantuan sosial Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2019 belum disalurkan ke masyarakat.

Hal ini diketahui setelah Panitia Khusus DPRD Jember, Jawa Timur, melakukan rapat kerja dengan organisasi perangkat daerah. “Kami kemarin dapat informasi dari staf Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember saat rapat, bahwa masih banyak barang APBD 2019 yang jadi hibah bantuan sosial kepada masyarakat belum diserahterimakan,” kata anggota DPRD Jember dari Partai NasDem David Handoko Seto, Selasa (5/5/2020).

Namun, menurut David, staf Disperindag tidak tahu keberadaan barang itu. “Kami cek di salah satu tempat di Kecamatan Patrang tidak ada,” katanya.

Mengapa belum terdistribusi? “Kalau barang di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain karena branding belum selesai. Kalau yang Disperindag kami tidak tahu,” kata David.

“Brandingnya gambar bupati dan wakil bupati. Tapi kami heran juga, (pengadaan) barang sudah selesai, kontrak dengan rekanan kan seharusnya sudah dengan brandingnya. Kalau branding belum dipasang kan ini berarti pekerjaan dengan menggunakan mata anggaran lain. Atau jangan-jangan alat ini bantuan dari pusat atau provinsi yang ketika diserahkan ke sini tidak ada branding,” kata David mencontohkan salah satu OPD.

Salah satu yang belum dibagikan adalah pelampung di Dinas Perikanan dan Kelautan. David dan anggota DPRD Jember lainnya Agusta Jaka Purwana dari Partai Demokrat melakukan inspeksi mendadak ke kantor Disperikel. Namun tak ada pejabat yang menemui.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gatot Triyono tidak menjelaskan saat dimintai konfirmasi beritajatim.com. “Saya belum tahu,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar