Politik Pemerintahan

DPR RI All Out Pastikan SK Tambang Emas di Jember Dicabut

Jember (beritajatim.com) – Komisi VII DPR RI akan memastikan surat keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral terkait penambangan emas Blok Silo di Kabupaten Jember, Jawa Timur, benar-benar dicabut.

Hal ini terungkap dalam kunjungan tim dari Komisi VII yang dipimpin Gus Irawan Pasaribu, di Balai Desa Pace, Silo, Rabu (6/2/2019). “Sebetulnya sudah ada kesepakatan non litigasi, dari kajian Kementerian Hukum dan HAM, bahwa SK Menteri ESDM itu cacat formal, dan karenanya direkomendasikan dicabut,” katanya, usai pertemuan.
Komisi VII ingin memastikan dan datang ke Silo untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat mengenai keberadaan tambang emas. “Tadi sudah disampaikan bahwa masyarakat ingin ada pencabutan SK. Kami sepakat mendorong dan memastikan pencabutan SK menteri terkait wilayah izin pertambangan Blok Silo,” kata Pasaribu.
Komisi VII mengimbau kepada masyarakat Jember agar bersabar dan memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mendorong proses pencabutan lebih cepat. Pasaribu memuji Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP Kusworo Wibowo yang menjaga suasana kondusif.
 
“Kalau tidak segera dicabut, kami akan undang Menteri ESDM dan Menteri Lingkunhan Hidup, Gubernur Jatim, Bupati Jember, dan kalau perlu Kapolres. Kami berharap pencabutan itu sudah terlaksana, sebelum kami melakukan pemanggilan. Kalau pun proses ini lambat, kami juga sudah minta agar perwakilan masyarakat untuk siap-siap kami panggil ke DPR RI di Jakarta,” kata Pasaribu.
 
Dalam kunjungan tersebut, Komisi VII menandatangani surat kesepakatan dengan warga. Isinya akan mengawal pencabutan SK dan memberitahukan prosesnya kepada warga. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar