Politik Pemerintahan

DPR Pertimbangkan Perpanjang Masa Reses

Ketua DPR Puan Maharani

Jakarta (beritajatim.com) – Ketua DPR RI Puan Maharani dan Pimpinan DPR RI lainnya menginstruksikan agar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar segera mengeluarkan kebijakan yang mendukung langkahlangkah pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Kebijakan tersebut, antara lain para Karyawan, Tenaga Ahli, dan pendukung kerja DPR RI lainnya untuk bekerja dari rumah masing-irnasing untuk menghindari kontak fisik secara masif. Pimpinan DPR RI dan Setjen dan BK DPR RI akan mengkaji apakah kegiatan-kegiatan di DPR RI bisa dilakukan secara online termasuk rapat-rapat AKD dan rapat lainnya.

“Pimpinan DPR RI bersama Setjen dan BK DPR RI mempertimbangkan untuk memperpanjang masa reses sidang atau mengganti sidang-sidang DPR RI dalam melakukan fungsinya secara online,” ujar Puan, Senin (16/3/2020).

Dia memastikan, DPR RI terus melakukan fungsi pengawasan termasuk mengawasi jalannya penanganan wabah Covid-19 yang dilakukan Pemerintah dengan tetap memberikan pendapat dan saran lewat media massa.

Untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan dengan jurnalis dan demi kesehatan dan keselamatan masing-masing, maka Ketua DPR RI mengimbau kepada seluruh Anggota DPR RI untuk terus menyampaikan informasi ke publik Iewat beberapa cara, antara lain dengan membuat rilis atau siaran pers disertai foto dan video peristiwa serta data pendukung lainnya. Kemudian memberikan pernyataan pers lewat live streaming atau pengiriman gambar secara online melalui website atau link resmi yang disediakan oleh DPR RI;

Begitu juga dengan siaran langsung melalui platform media sosial atau aplikasi komunikasi dengan disertai waktu untuk tanya jawab melalui kolom komentar atau teknologi suara lainnya. “Anggota DPR juga bisa melakukan wawancara Iewat telepon dan alat komunikasi lainnya,” kata Puan. (hen/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar