Politik Pemerintahan

DPMD Sampang Belum Sosialisasikan Perbup Pilkades

Wawancara Plt Kepala DPMD Sampang tentang Pilkades serentak

Sampang (beritajatim.com) – Janji Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Madura, untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, sepertinya tidak bisa dilakukan pada 17 Juni 2021. Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala DPMD Chalillurachman usai rapat dengan komisi I DPRD setempat beberapa hari lalu.

“Kita tunggu hampir dua minggu lamanya janji DPMD untuk mensosialisasikan Perbup Pilkades, tetapi sampai detik ini belum ada kejelasan,” terang Sekertaris Komisi I DPRD Sampang, Aulia Rahman, Kamis (17/6/2021).

Aulia menegaskan, saat rapat dengan Komisi I, Plt Kepala DPMD menyatakan bahwa Perbup Pilkades serentak telah selesai bahkan sudah final hasil konsultasikan dengan biro pemerintahan Pemprov Jatim, bagian Hukum dan DPMD Provinsi.

“Kalau waktunya saya kurang tahu pasti, tetapi DPMD pernah mengatakan kepada kami saat rapat bahwa Perbup Pilkades serentak sudah turun dari Pemprov Jatim sekitar 3 minggu yang lalu,” imbuhnya.

Sayangnya, Kepala DPMD yang akrap disapa Rachman tidak merespon saat dihubunggi melalui pesan singkat juga tidak menjawab. Padahal nomor yang bersangkutan dalam kondisi aktif dan pesan yang terkirim kemungkinan hanya dibaca.

Sekadar diketahui, rapat yang disampaikan oleh DPMD didampingi bagian hukum Setdakab Sampang, di ruang Komisi 1 DPRD Sampang, pada 5 Juni 2021 lalu. Melalui Chalillurachman berjanji akan mensosialisasikan Perbup Pilkades hari ini, tetapi Perbup tersebut sepertinya belum bisa dikonsumsi warga Sampang dan masih menjadi rahasia pihak Eksekutif setempat. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar