Politik Pemerintahan

DPMD Kabupaten Malang Imbau Panitia Pilkades Serentak Bersikap Netral

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang menyatakan kesiapannya untuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang III 2019 yang akan digelar secara serentak pada Minggu (30/6/2019) lusa.

Demikian ditegaskan Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji pada awak media, Kamis (27/6/2019). Kata Suwadji, dalam pelaksanaan Pilkades Gelombang III 2019 nanti pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan, baik sosialisasi maupun pengamanan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi tentang perda Pilkades sejak bulan Maret lalu. Panitia Pilkades juga telah kami bentuk, baik ditingkat desa maupun tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Tahapan-tahapan Pilkades serentak gelombang III ini, lanjut Suwadji, sudah dilalui dengan aman dan terkendali, dan saat ini memasuki hari tenang yang dimulai sejak kemarin.

“Hari tenang sudah mulai sejak kemarin, hingga hari H pelaksanaan Pilkades. Kami selalu melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk meningkatkan keamanan dalam pelaksanaan Pilkades,” tegasnya.

Suwadji melanjutkan, dirinya meminta pada kepada seluruh panitia Pilkades, untuk benar-benar memahami secara teknis mengenai pelaksanaan pilkades serentak, dan bersikap netral.

“Panitia Pilkades harus netral, dan mengerjakan tugasnya sesuai tupoksinya. Kan itu potensi kerawanan. Makanya harus netral. Selain itu, kepada seluruh calon kepala desa, agar menerima hasil apapun dalam pilkades serentak ini, siap menang dan siap kalah,” tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Malang, pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini akan diikuti 269 Desa dari 33 kecamatan se Kabupaten Malang.

Rincianya, kecamatan Donomulyo ada 9 desa, Pagak 6 desa, Bantur 7 desa, Sumbermanjing Wetan 7 desa, Dampit 7 desa, Ampelgading 11 desa, Poncokusumo 11 desa, Wajak 8 desa, Turen 12 desa, Gondanglegi 11 desa, Kalipare 7 desa, Sumberpucung 6 desa, Kepanjen 11 desa, Bululawang 8 desa, Tajinan 11 desa, Tumpang 12 desa, Jabung 10 desa, Pakis 10 desa, Pakisaji 8 desa, Ngajum 7 desa, Wahir 9 desa, Dau 6 desa, Karangploso 5 desa, Singosari 11 desa, Lawang 9 desa, Pujon 7 desa, Ngantang 6 desa, Kasembon 4 desa, Gedangan 6 desa, Tirtoyudo 8 desa, Kromengan 3 desa, Wonosari 7 desa dan kecamatan Pagelaran 9 desa. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar