Politik Pemerintahan

DPM-PTSP Pamekasan Petakkan Wilayah Strategis Sektor Wisata

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pamekasan, memetakkan dua wilayah strategis dalam sektor pariwisata di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal tersebut dituangkan dalam Project Prospectus Investasi yang mereka susun, demi mengukur tingkat prospek investasi di kabupaten Pamekasan. Masing-masing meliputi wilayah pantura dan wilayah selatan.

“Penyusunan prospektus investasi tersebut dilakukan sebagai upaya media promosi investasi di Kabupaten Pamekasan, meliputi wilayah pantura maupun di wilayah selatan,” kata Kasi Penanaman Modal DPM-PTSP Pamekasan, Arif Rachman Syah, Jum’at (20/12/2019).

Prospektus investasi ini merupakan dokumen kajian investasi khusus untuk investor. Salah satunya sebagai pertimbangan awal bagi para pengusaha untuk melakukan berbagai usaha di kawasan yang sudah dikaji. “Jadi dalam penyusunan ini lebih pada aspek bisnis atau keuangan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan tujuan dari penyusunan prospektus investasi tersebut sebagai informasi awal bagi para calon investor. “Dalam dokumen ini terdapat beberapa kajian penting, di antaranya meliputi aspek teknis, hukum dan kebijakan, nilai investasi, pasar, keuntungan, SDM, lingkungan hingga resiko usaha,” jelasnya.

“Tidak kalah penting, dokumen ini meliputi lingkup investasi dari berbagai aspek seperti yang tertuang dalam tujuan yang kita usung. Prinsipnya project prospectus ini wajib dibaca oleh para investor, karena orientasinya pada persoalan bisnis,” sambung pria yang akrab disapa Arif.

Penyusunan tersebut dilakukan mengacu pada berbagai jenis regulasi berbeda. Di antaranya undang-undang tentang pemahaman modal, penataan ruang, kepariwisataan, pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, serta berbagai jenis regulasi lainnya.

“Dalam dokumen kajian ini juga tertuang berbagai jenis wilayah strategis investasi di Pamekasan, khususnya dalam sektor pariwisata. Mulai dari wilayah pantura maupun wilayah selatan, sehingga kita harapkan nantinya dapat menyerap tenaga kerja dari Pamekasan,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar