Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

DPM-PTSP Gresik Yakin Target Pendapatan IMB 2022 Rp 128 Miliar Tercapai

Foto ilustrasi uang rupiah

Gresik (beritajatim.com) – Target pendapatan izin mendirikan bangunan (IMB) tahun 2022 sebesar Rp 128 miliar tercapai. Kendati ada izin persetujuan bangunan gedung (PBG) pengganti dari izin mendirikan bangunan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2021.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik, Reza Pahlevi mengaku optimis bahwa target pendapatan IMB 2022 sebesar Rp 128 miliar ini tercapai. Dirinya pun mengakui apabila akan ada penurunan dikarenakan perhitungannya berbeda.

“Misalnya dari 100, yang bisa dipungut paling 60. Ada penurunan 40 itu,” ujarnya, Minggu (16/01/2022).

Ia menjelaskan saat ini PBG itu belum diterapkan. Sebab, Peraturan Daerah sebagai turunan PP 16/2021 masih dalam tahap evaluasi di kementrian.

Meski ada potensi penurunan, mantan Kabag Humas Pemkab Gresik itu, optimis lantaran banyak sekali potensi yang ada di Gresik. Seperti contoh adanya tiga kawasan industri dan ada rencana tambahan satu kawasan industri lagi, hingga perubahan rencata tata ruang wilayah (RTRW).

“Di tempat kami, juga masih banyak berkas yang antre. Saya kira target itu perlu dikejar karena memang potensinya juga cukup besar,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Anggaran, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik Herawan Eka Kusuma menuturkan, potensi itu dalam rapat anggaran beberapa bulan lalu. Sebab, sesuau Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16/2021, terdapat perbedaan perhitungan dalam memungut antara IMB dan PBG itu.

“Kalau dihitung kasarnya, pendapatan dari PBG itu bisa loss sekitar 70 persen jika dibandingkan dari IMB. Namun, target itu tidak diturunkan oleh kalangan legislatif,” tandasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar