Politik Pemerintahan

DPC PKB Kirim Surat Pemberhentian Gus Yani ke DPRD Gresik

Gresik (beritajatim.com) – DPC PKB Gresik mengirim surat pemberhentian Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) ke DPRD Gresik. Surat pemberhentian itu, untuk mendapatkan SK Gubernur Jatim sebagai persyaratan melengkapi persyaratan maju di Pilkada Gresik 2020.

Sesuai pasal 69 PKPU 3/2017 tentang Pencalonan Kepala Daerah batas waktu penyerahan SK tersebut paling lambat 30 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Atau paling lambat pada 9 November mendatang.

“Surat tersebut berdasarkan permohonan pribadi Gus Yani yang kami terima pada 4 November 2020 lalu. Kami tindaklanjuti untuk segera diproses oleh pihak legislatif,” ujar Sekretaris DPC PKB Gresik, Imron Rosyadi, Kamis (5/11/2020).

Masih menurut Imron, surat pemberhentian itu bernomor 4863/DPC-03/V/A.2/XI/2020 perihal usulan pemberhentian. Sebab, yang bersangkutan (Gus Yani) mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

“Kami menghormati keputusan tersebut. Apalagi saat mendaftarkan diri ke KPU pada awal September lalu. DPC PKB telah memberikan bukti tanda terima pengunduran dirinya secara pribadi sebagai syarat awal mendaftarkan diri,” paparnya.

Ia menambahkan, secara administratif tentu pemohon diharapkan berkirim surat kembali untuk pengurusan SK-nya. Hal ini bukan bermaksud untuk menghalangi kontestasi yang selama ini dituduhkan kepada DPC PKB. “Nantinya, hal tersebut pun sudah menjadi wewenang pihak legislatif untuk menindaklanjuti hingga SK diterbitkan,” imbuh Imron.

Saat ditanya pengganti antar waktu (PAW) anggota Fraksi PKB. Imron menjelaskan pihaknya belum memutuskan hal tersebut. Pasalnya, masih dibahas diinternal. Sebab mekanisme PAW menjadi wewenang partai, yang pasti tidak akan mengurangi kinerja fraksi yang masih menyisakan 12 anggota dari 13 kursi yang kami miliki di legislatif.

Sementara, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir mengatakan, pemberhentian tersebut dibenarkan. “Sudah diterima oleh pihak Sekretariat dewan (Sekwan) melalui perwakilan fraksi. Selanjutnya, akan kami proses sesuai prosedur,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar