Politik Pemerintahan

DPC PDI Perjuangan Sidoarjo Laporkan Pembakaran Bendera ke Polisi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pengurus DPC PDIP Kab Sidoarjo melaporkan dan menyerahkan pernyataan sikap atas pembakaran bendera PDIP dan penyandingan bendera PDIP dengan bendera berlambang PKI ke Polresta Sidoarjo, yang dilakukan para demonstran di depan gedung DPR/MPR RI di Jakarta, Rabu (24/6/2020) lalu.

Pelaporan dan pernyataan sikap itu dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Kab. Sidoarjo Sumi Harsono di SPKT Mapolresta Sidoarjo, dan ditemui Kompol Dodot Kasat Binmas Polresta Sidoarjo.

“Kedatangan kami melaporkan aksi kriminal yang dilakukan oleh para demontran dua hari lalu di depan gedung DPR RI Jakarta,” kata Ketua DPC PDIP Kab. Sidoarjo Sumi Harsono Jumat (26/6/2020).

Usai melapor, kader militan partai berlambang banteng moncong putih itu juga menyatakan sikap mendukung kepada Polri dalam pengusutan kasus kriminal pembakaran bendera partai, yang merupakan lambang kehormatan partai.

“Bendera adalah simbol dan lambang kehormatan dan kebesaran PDIP dibakar para demonstran, disandingkan dengan bendera PKI dan dipertontonkan kepada umum. Ini suatu perbuatan kriminal,” tegas Sumi.

Dalam pernyataan itu, ada 12 poin. Di antaranya, sikap DPC PDI Perjuangan Kab. Sidoarjo mendukung Mabes Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Bendera itu simbol kehormatan, yang di dalamnya terkandung makna, semangat, cita-cita, sekaligus sejarah panjang perjuangan partai bersama rakyat.

Sumi tidak memaklumi adanya perbedaan pendapat. Tapi tidak harus melakukan hal-hal melawan hukum. Beda pendapat, bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai berdialog, musyawarah untuk mencapai kata mufakat. “Perbedaan itu suatu demokrasi, tapi tidak dilakukan dengan cara yang sangat tidak bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Kompol Dodot menyatakan menerima laporan itu dan akan melaporkan ke atasan dan diteruskan ke Polda Jawa Timur dan juga Mabes Polri. “Surat laporan dan penyataan sikap dari DPC PDIP Kab. Sidoarjo sudah kami terima,” tandasnya. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar