Politik Pemerintahan

DP2KBP3A Kediri Gelar Pelatihan Public Speaking Bagi Insan GenRe

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri menggelar pelatihan public speaking bagi insan GenRe, Saka Kencana.

Karena sudah tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini keterampilan berbicara di depan umum mutlak dimiliki oleh setiap orang. Oleh karenanya, guna memberikan pembekalan diri yang meliputi kompetensi, skill, dan tips yang dibutuhkan untuk berkomunikasi.

Tujuan pelatihan ini, agar peserta memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri dan professional dalam kampanye program dari insan GenRe. Seperti keluarga berencana, kependudukan, pembangunan keluarga, serta pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Dalam pelatihan ini, hadir sebagai narasumber adalah Giri Cahyono dari Radio Kharisma FM, sementara materi yang disampaikan pada pelatihan public speaking kali ini meliputi dua unsur utama dalam public speaking yaitu, seni dan komunikasi efektif.

“Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta tentang public speaking. Diharapkan selesainya mengikuti pelatihan, peserta memiliki kecakapan berbicara di depan umum sehingga dapat menyampaikan program-program Insan GenRe kepada masyarakat,” ucap Sarkaraning Dewi Pergiwasari, Kasi Advokasi dan Kesehatan Reproduksi Remaja DP2KBP3A Kabupaten Kediri.

Usai mendapatkan materi teori, para peserta juga mendapatkan materi praktek, karena kunci ber-public speaking yang dibutuhkan adalah menghilangkan rasa grogi, menguasai materi agar tahu bagaimana membawakan alur yang tepat, dan percaya diri.

Tujuannya, agar tahu bagaimana seharusnya tampil dengan sebaik-baiknya, selain itu juga harus diimbangi dengan tehnik vocal atau variasi suara, ekspresi, kontak mata dan bahasa tubuh.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan nantinya pengurus Insan GenRe dapat memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik dalam berbagai bidang, mengingat mereka nantinya akan menjadi pendidik dan konselor sebaya maka membutuhkan skill berkomunikasi dan pengetahuan yang baik. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar