Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

DP2KBP3A Kabupaten Kediri Gelar Orientasi Pendataan Keluarga bagi

Kediri (beritajatim.com) –  Mengawali pendataan keluarga pada April nanti, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri menggelar orientasi pendataan keluarga 2021 bagi kader pendata dan tenaga PLKB.

Pendataan keluarga merupakan kegiatan pengumpulan data primer tentang data kependudukan, data keluarga berencana data pembangunan keluarga dan data anggota keluarga atau Program Bangga Kencana, yang dilakukan oleh masyarakat bersama BKKBN dan dilaksanakan 5 tahun sekali secara serentak pada 1 April 2021 sampai dengan 31 Mei 2021.

“Pada pendataan tahun 2021 ini ada sedikit perbedaan dari yang sebelumnya. yakni adanya tambahan data tentang stunting / karena presiden telah menunjuk BKKBN sebagai koordinator program penurunan stunting,” kata Waluyo Ajeng Lukitowati, Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKNB Provinsi Jawa Timur.

Masih katanya, tujuan orientasi pendataan keluarga ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh tenaga institusi masyarakat sebagai kader pendata yang berhubungan langsung dengan keluarga. Sehingga mendapati data basis keluarga yang valid dan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan program pembangunan kependudukan di masing-masing daerah.

Waluyo menambahkan, orientasi adalah tata cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan pemanfaatan data demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera dan data anggota keluarga.

Diharapkan dengan adanya program pendataan keluarga ini dapat menghasilkan data mikro keluarga by name by address yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai data basis keluarga nasional dalam membangun sistem informasi keluarga, sehingga hasilnya program bangga kencana dapat tercapai. [adv kominfo/nm].


Apa Reaksi Anda?

Komentar