Politik Pemerintahan

Dorong Pemuliaan Ekonomi, Ponorogo Dapat Kredit Lunak Tanpa Bunga Sebesar Rp 200 M

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo mendapatkan dana segar senilai Rp 200 miliar. Dana tersebut merupakan kredit pinjaman daerah dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pemberian kredit dari perusahaan yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan itu, merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.

“Uang Rp 200 miliar ini hanya boleh digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur saja, tidak boleh untuk yang lain. Dan harus habis untuk pembangunan infrastruktur pada tahun ini,” kata Bupati Ipong Muchlissoni saat press conference di Pringgitan, Selasa (22/9/2020).

Ipong mengeklaim bahwa Ponorogo merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang mendapatkan pinjaman daerah dari PT. SMI. Dia menjelaskan jika pinjaman ini bunganya 0 persen. Jadi tidak ada bunga, hanya biaya sebanyak 0,18 persen saja. Selain itu, keunggulan dalam pinjaman ini, ada gross period atau masa tenggang untuk belum perlu menyicil selama 15 bulan. “Jadi seumpama hari ini disetujui dan seminggu kemudian pencairan, maka cicilannya dibayar setelah 15 bulan setelah pencairan,” katanya.

Masa waktu pinjaman ini disetujui selama 5 tahun. Dengan begitu setiap tahun, Pemkab kurang lebih mencicil sebanyak Rp 40 miliar. Dana segar ini, kata Ipong sangat bermanfaat untuk Ponorogo. Sebab seperti diketahui APBD Ponorogo banyak yang kepotong tiga kali dengan total Rp 420 miliar. Dengan rincian untuk potongan DAU sebesar Rp 120 miliar, kemudian DAK sebesar Rp 170 miliar. Dan sisanya itu untuk rekofusing untuk penanganan Covid-19.

Jadi, kata Ipong dana Rp 200 miliar ini, tentu akan menggantikan yang kepotong tadi untuk kepentingan pembangunan infrastruktur. Terutama jalan-jalan utama yang saat ini masih belum selesai perbaikannya, dalam waktu kurang lebih tiga bulan tersisa ini akan dikebut pekerjaannya.

“Insyaallah jalan-jalan utama pada selambat-lambatnya pertengahan bulan Desember sudah mulus semua. Ini kabar gembira, mudah-mudahan dengan uang ini ekonomi Ponorogo semakin meningkat dan masyarakatnya sejahtera,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar