Politik Pemerintahan

Dongkrak Pendapatan, DPM-PTSP Gresik Optimalkan ‘Si Cantik dan Si BG’

Kepala Dinas DPM-PTSP Gresik Reza Pahlevi sedang menandatangani berkas permohonan perizinan

Gresik (beritajatim.com) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik, punya cara tersendiri untuk mendongkrak pendapatan dari sektor perizinan yang ditarget sebesar Rp 100 miliar.

Untuk mencapai hal itu, DPM-PTSP mengoptimalkan ‘Si Cantik dan Si BG’. Aplikasi layanan tersebut, bisa memangkas waktu permohonan layanan perizinan agar lebih cepat diproses.

“Dari berkas itu yang berupa hard copy di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Melalui aplikasi Si BG hanya berkas digital. Hal yang sama pada aplikasi Si Cantik. Sehingga, pemohon perizinan bisa langsung memantau sendiri sama dimana data yang diajukan,” ujar Plt Kepala DPM-PTSP Gresik, AM.Reza Pahlevi, Selasa (15/06/2021).

Dua aplikasi itu lanjut dia, sebetulnya sudah ada tapi kurang optimal dan tidak maksimal. Kedepannya segera dioptimalkan agar target pendapatan perizinan bisa tercapai.

“Selain mengoptimalkan dua layanan aplikasi tersebut. Saya juga memantau langsung pemohon yang mengajukan perizinan. Dirinya siap membantu sendiri jika ada kendala perizinan,” ujarnya.

Kendati sudah ada mall layanan publik kata Reza, dalam proses perizinan masih ada pemohon yang berkas administrasinya belum lengkap. Hal itu otomatis membuat penerbitan perizinan membutuhkan waktu.

“Selama berkas permohonan perizinan lengkap. Saya jamin prosesnya lancar. Tidak ada alasan kalau masih ada mengurus perizinan berbelit-belit. Mitos inilah yang akan saya pangkas agar perizinan lebih cepat,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar