Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Dokter Agung: Emil Terpilih Ketua Demokrat Jatim Secara Demokratis

Emil Dardak saat menghadiri HUT beritajatim.com di Ballroom Hotel Mercure Surabaya, Kamis (31/3/2022).

Surabaya (beritajatim.com) – Politisi senior Partai Demokrat Jawa Timur, dr Agung Mulyono, menegaskan seluruh tahapan Musyawarah Daerah VI Partai Demokrat (PD) Jatim berjalan sesuai aturan yang berlaku. INi termasuk penetapan Emil Dardak sebagai Ketua Demokrat Jatim, sudah sesuai dengan AD/ART, Peraturan Organisasi 02/2021 serta melalui proses pendalaman dan pertimbangan yang komprehensif.

Pria yang akrab disapa Dokter Agung ini pun menyatakan seharusnya para kader, terutama para ketua DPC sudah paham dengan mekanisme pengambilan keputusan pimpinan partai saat ini. Sehingga tidak perlu lagi muncul reaksi penolakan.

“Semua sudah sesuai asas demokrasi. Karena AD/ART dan PO 02/2021 telah dikonsultasikan dan disosialisasikan kepada para ketua DPD dan DPC sebelumnya,” kata Dokter Agung, Senin (4/4/2022).

Dokter Agung proses tahapan Musda Partai Demokrat Jatim sudah sangat demokratis. Ini karena hanya bakal calon yang memenuhi 20 persen dukungan pemilik suara dapat maju sebagai calon.

Ruang ambang batas dukungan 20 persen untuk memberikan kesempatan kepada siapapun untuk bisa menjadi ketua. Bukan berdasarkan banyak sedikitnya dukungan.

“Hal ini untuk menghindari proses pemilihan yang pragmatis,” jelasnya.

Emil Elestianto Dardak

Mekanisme ini sangat berbeda dengan AD/ART sebelumnya, yang mengatur ketentuan seluruh proses selesai di pelaksanaan musda melalui suara terbanyak. Pelaksanaan musda kali ini hanya menetapkan dari bakal calon menjadi calon ketua, dimana maksimal tiga nama diusulkan ke DPP untuk mengikuti tahapan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di hadapan Tim 3 (Ketum, Sekjen, dan Kepala BPOKK).

“Tim 3 pun tidak serta merta memutuskan, karena harus melakukan pendalaman dan penggalian rekam jejak kapabilitas para calon secara seksama. Sehingga, membutuhkan waktu yang cukup dan pada akhirnya diambil keputusan dalam sidang Pengambilan Keputusan Tim 3,” terang Agung yang mewakili tugas Kepala BPOKK DPP PD, Herman Khaeron sampai kepengurusan DPD Partai Demokrat Jatim periode 2022-2027 dilantik.

Selanjutnya, Sekjen DPP PD Teuku Riefky juga telah mengajak bicara baik-baik dua kandidat calon ketua Demokrat Jatim. Yakni, Bayu Airlangga dan Emil Dardak di Jakarta pada 30 Maret 2022 lalu. Herman Khaeron hadir dalam pertemuan tersebut.

“Saya merupakan saksi keduanya, Emil dan Bayu dihadirkan dalam penyampaian hasil keputusan. Dan, Bayu menerima atas keputusan tersebut,” ujar Agung menirukan ucapan Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron.

Untuk itu, setelah diputuskan DPP, sudah saatnya seluruh kader bersatu dan merapatkan barisan. Emil sebagai ketua terpilih segera membentuk formatur dan kepengurusan DPD PD Jawa Timur yang baru dan segera dilantik. Disusul dengan melakukan konsolidasi di tingkat DPC.

“Setelah semua lengkap, saatnya pula kita berbuat yang terbaik untuk rakyat, dan berjuang menuju kemenangan di Pemilu 2024,” pungkas dr Agung yang juga Ketua Komisi D DPRD Jatim dari Dapil Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso ini. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar