Politik Pemerintahan

DLH Banyuwangi dan PT BSI Kolaborasi Kurangi Sampah dan Hijaukan Alam

Banyuwangi (beritajatim.com) – PT Bumi Suksesindo (BSI) Pesanggaran, Banyuwangi melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai di dua area wisata Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2019.

“Tema HLH Sedunia tahun ini adalah Beat Air Pollution atau melawan polusi udara,” kata Kepala Bidang Lingkungan dan Pengendalian DLH Banyuwangi, Budi Wahono, Sabtu (2/11/2019).

Menurut Budi, polusi udara saat ini sudah sangat memprihatinkan. Memperbanyak ruang terbuka hijau dengan tanam pohon merupakan salah satu cara untuk menguranginya.

“Penanaman pohon tadi merupakan upaya kita untuk menguranginya,” jelasnya.

Meskipun demikian, lanjut Budi, Banyuwangi patut bersyukur karena baru saja dinobatkan sebagai kota paling bersih ketiga nasional. “Alhamdulillah Banyuwangi dengan perwakilan tiga Kecamatan yaitu Srono, Banyuwangi dan Muncar, menjadi daerah terbersih ketiga nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Kegiatan, Yakub Imansyah, mengatakan kegiatan peringatan HLH merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatannya beragam setiap tahunnya.

“Tahun ini, selain penanaman pohon juga ada kegiatan edukasi lingkungan di sekolah-sekolah. Panitia juga mengadakan lomba bertemakan lingkungan untuk para siswa,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, PT BSI menggandeng Pokmas Wisata, jajaran pemerintah desa dan kecamatan, PT Bumi Suksesindo (BSI), hingga Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi. Menariknya, kegiatan ini juga melibatkan siswa SD di sekitar dua pantai wisata tersebut. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar