Politik Pemerintahan

DKPP Kota Kediri Temukan Hewan Cacat Bawaan

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri menemukan hewan yang mengalami kelainan bawaan pada kambing dalam inspeksi mendadak terhadap hewan kurban. Selain itu, petugas juga menyoroti masih minimnya kesadaran para pedagang dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sidak tersebut dilakukan DKPP Kota Kediri di Pasar Hewan Muning, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Sidak dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan dari luar daerah.

“Tujuan kita untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan kurban. Kemudian juga untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat yang hendak melakukan kurban di hari Raya Idul Adha nanti,” kata drh. Pujiono, Dokter Hewan DKPP Kota Kediri, Rabu (22/7/2020).

Dalam sidak kali ini petugas tidak menemukan penyakit berbahaya pada hewan yang dijual di pasar, baik kambing maupun sapi. Hanya saja ada beberapa hewan yang mengalami kelainan bawaan.

“Hanya saja kami menemukan masih minimnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Pedagang maupun pembeli banyak yang tidak memakai masker, juga tidak menjaga jarak,” imbuh drh. Puji.

Hingga hari ini, penjualan hewan kurban di Kediri belum terlihat bergeliat. Pandemi Covid-19 cukup memukul penjualan.

Sementara itu, sidak ini dilakukan hingga Idul Adha nanti. Petugas menyasar Pasar Hewan dan juga pedagang hewan kurban dadakan di pinggir jalan. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar