Politik Pemerintahan

DKPP Kediri Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Kediri (beritajatim.com) – Menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri terus gencar melakukan sidak hewan kurban di sejumlah pedagang musiman dan pengepul. Sidak ini bertujuan untuk memberikan jaminan kelayakan dan kesehatan kepada masyarakat yang akan membeli hewan untuk berkurban.

Pemeriksaan meliputi kesehatan hewan, usia dan pemeriksaan fisik sesuai syariat ketentuan hewan kurban. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas memberikan surat keterangan jika hewan kurban yang dijual pedagang layak jual dan sesuai syarat ketentuan hewan kurban.

“Sidak ini akan dilakukan hingga h-1 idul adha nanti. Tujuan sidak ini, selain untuk mengetahui kesehatan dan kelayakan hewan untuk kurban juga untuk mengetahui jumlah ketersedian hewan kurban di Kabupaten Kediri,” ujar Tutik Purwaningsih, kepala DKPP Kabupaten Kediri.

Tutik Purwaningsih menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan, petugas memberikan tanda jika hewan kurban yang dijual pedagang layak jual dan sesuai syarat ketentuan hewan kurban.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini maka akan membantu masyarakat calon pembeli mendapatkan hewan kurban berkualitas. [nm/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar