Politik Pemerintahan

Diwacanakan Duet dengan Menantu Soekarwo di Demokrat Jatim, Ini Jawaban Emil

Wagub Emil Dardak saat berkunjung ke kantor beritajatim.com

Surabaya (beritajatim.com) – Plt Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim, Emil Elestianto Dardak menegaskan, saat ini di Demokrat Jatim menganut kultur kekeluargaan. Artinya, Musda VI Demokrat Jatim hampir pasti diupayakan untuk aklamasi.

“Kita ini kulturnya sekarang adalah kultur kekeluargaan. Saya sendiri juga menunggu apa yang menjadi aspirasi dari teman-teman yang akan disuarakan di Musda, begitu juga dari DPP Partai Demokrat. Cuman ada satu keyakinan, bahwa kita semua bisa melaksanakan ini dengan penuh kekeluargaan,” kata Emil saat melakukan kunjungan silaturahmi di kantor beritajatim.com, Jalan Kutisari Surabaya, Sabtu (30/1/2021).

Terkait jadwal pelaksanaan musda, Emil belum bisa memberikan jawaban. “Untuk kaitan tanggal musdanya, saya belum ada instruksi DPP. Tetapi, pernah disampaikan di Rapat Kerja Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia, bahwa Jatim, Aceh dan Kaltara (Kalimantan Utara) duluan di bulan Februari. Tanggal saya tidak tahu, kita belum tentukan tempat dan tanggal, karena belum ada instruksi dari DPP,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Emil, belum ada hal-hal yang terkait pendaftaran atau mekanisme pendaftaran. “Kami masih menunggu,” imbuhnya.

Informasi yang beredar terkait ada lima calon yang ikut bertarung dalam musda atau ikut mendukung calon tertentu, menurut Emil hal itu dipastikan belum formal.

Apakah ada upaya musyawarah mufakat seperti aklamasi di Musda nanti? “Ada potensi ke sana, kalau merujuk kepada apa yang selama ini terjadi di Demokrat dan kita lihat juga terjadi di banyak partai politik hari ini,” tuturnya.

Bagaimana dengan wacana duet Emil Dardak-Bayu Airlangga (menantu Soekarwo mantan Ketua Demokrat Jatim)? “Yang jelas hari ini beliau adalah partner yang sangat luar biasa dalam menjalankan roda organisasi, beliau muda, kemudian juga gesit, rendah hati, sehingga komunikasinya sangat baik kepada semua elemen,” pungkasnya.

DPD Partai Demokrat Jatim bakal menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI pada Februari 2021. Sedikitnya lima nama kandidat dari kader partai berlambang bintang mercy ini berpeluang maju menduduki Kursi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim periode 2021-2026.

Lima nama yang beredar antara lain Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim yang kini juga menjabat Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Kemudian, ada nama Agus Dono Wibawanto (anggota DPRD Jatim), Ahmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Sri Subiati (Bendahara/Ketua F-PD DPRD Jatim) dan Bayu Airlangga (Sekretaris DPD PD Jatim/Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim).

Sebagaimana diketahui bersama, sejak Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim lantaran diangkat menjadi Komisaris Utama salah satu BUMN tahun 2018 lalu, kursi Ketua DPD Partai Demokrat hanya dijabat oleh seorang Plt. Mulai dari Renville Antonio dan Emil Dardak hingga sekarang. Momentum Musda ini diprediksi DPC-DPC akan memunculkan sejumlah nama kuat untuk dipilih menjadi ketua yang baru untuk lima tahun ke depan. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar