Politik Pemerintahan

Debat Publik Putaran I Pilkada Jember 2020

Ditanya Soal Pasir Besi Paseban, Ini Jawaban Hendy-Firjaun

Calon bupati Hendy Siswanto dan calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman saat pendaftaran di KPU

Jember (beritajatim.com) – Calon bupati Hendy Siswanto dan calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman mendukung pada regulasi pengelolaan sumber daya alam yang berpihak pada konservasi.

Hal ini dikemukakan dalam debat publik putaran pertama pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (15/11/2020) malam. “Kita akan bikin satu peraturan dengan memperhatikan masukan Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan sebagainya untuk kemaslahatan masyarakat Jember dengan tidak merusak lingkungan dan potensi sumber daya alam yang ada,” kata Firjaun.

Pernyataan ini menjawab pertanyaan calon bupati Abdus Salam soal penambangan pasir besi di Pantai Paseban, Kecamatan Kencong. Menurut Salam, penambangan pasir besi di Paseban akan membahayakan masyarakat sekitar.

“Menurut kami, potensi wisata dan potensi alam di atasnya wajib diberdayakan dengan baik, kita konsep dengan baik yang ini keberlangsungannya menjaga ekosistem di sekitar kita,” kata Salam.

Ifan Ariadna, calon wakil bupati pendamping Salam, mengatakan, potensi alam yang tidak selayaknya dieksplorasi sebaiknya tidak dieksplorasi. “Apalagi potensi tersebut bisa menjadi pelindung seperti gumuk pasir (di Paseban) yang menjadi proteksi terhadap potensi tsunami,” katanya.

Hendy menegaskan, bahwa dirinya berpatokan pada regulasi dan perencanaan matang. “Itu paling penting. Sesuai misi kami, kami akan mengembalikan hak masyarakat Jember. Bukan hanya SDM (Sumber Daya Manusia), tapi termasuk SDA (Sumber Daya Alam). Hak SDA yang harus kita lindungi, semua harus ada regulasi yang jelas,” katanya.

Firjaun setuju dengan pendapat Salam dan Ifan soal pengelolaan Pantai Paseban. “Nanti akan ada alternatif-alternatif lain,” katanya. Dia memandang perlu ada opsi lain seperti pariwisata untuk dioptimalkan untuk meyejahterakan masyarakat dan menjaga sumber daya alam. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar